Dianggap Ampuh, Kenali Dulu Konsep Diet Air Putih

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Dianggap Ampuh, Kenali Dulu Konsep Diet Air Putih
Ilustrasi diet air (shutterstock)

Sekarang ini diet air putih sedang menjadi tren yang dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Suara.com - Sekarang ini diet air putih sedang menjadi tren demi menjaga dan mewujudkan bentuk tubuh yang ideal. Banyak orang mempercayai bahwa diet air putih sangat ampuh untuk menurunkan berat badan.

Orang yang menjalani diet air putih ini hanya akan makan dan minum air putih. Tetapi, mereka juga diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan segera sebagai sumber mineral lainnya. 

Tetapi, apakah diet air putih benar-benar menyehatkan tubuh meski ampuh menurunkan berat badan?

Melansir dari Today, tubuh seseorang akan kehilangan banyak nutrisi ketika asupan utamanya hanya air putih. Dalam jangka pendek, diet air putih mungkin memang menurunkan berat badan yang sebagian besar adalah air, bukan lemak.

"Anda akan kehilangan lebih banyak otot dibandingkan dengan orang yang kehilangan kalori penyebab berat badan. Artinya, Anda tetap harus makan dalam jumlah sedikit selama diet air demi mempertahankan penurunan berat badan. karena tingkat metabolisme tubuh akan menurun selama diet air," jelas Julie Upton, ahli diet sekaligus salah satu pendiri Appetite for Health.

Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)
Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

Tapi di sisi lain, Anda juga bisa mengalami efek samping seperti dehidrasi , pusing, pingsan, sembelit dan sakit kepala jika tak mendapat cukup asupan air minum selama diet air putih.

Lalu, bagaimana dengan diet air dingin?

Sebenarnya tidak ada batasan mengenai makanan yang harus dikonsumsi. Tetapi, Anda memang dianjurkan mengonsumsi air dingin.

Karena, minum air dingin justru membakar kalori lebih banyak daripada minum air biasa. Selain itu, minum air dingin juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak akan makan terlalu banyak.

Air dingin juga membantu mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS