Studi: Rutin Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Kanker Hati

M. Reza Sulaiman, Dini Afrianti Efendi

Rabu, 06 November 2019 | 14:42 WIB
Studi: Rutin Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Kanker Hati
Ilustrasi minum kopi. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Studi: Rutin Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Kanker Hati

Kopi memang dikenal dengan beragam manfaatnya, seperti meningkatkan daya ingat hingga kaya antioksidan. Tapi sebuah penelitian baru mengungkap manfaat lainnya dari kopi, yakni ampuh mengurangi risiko kanker hati.

Mengutip Dailymail, Rabu (6/11/2019) tak tanggung-tanggung risiko kanker hati menurun hingga 50 persen jika rutin minum kopi. Hal ini terjadi karena kandungan polifenolnya yang bisa menghentikan pembelahan sel kanker.

Temuan ini didapat setelah tim peneliti Queen's University Belfast Irlandia mengamati hampir setengah juta orang, di mana tiga perempat di antaranya merupakan peminum kopi. Peminum kopi ini diketahui 50 persen lebih rendah berisiko terjangkit karinoma hepatoseluler, atau jenis kanker hati yang di erita 9 dari 10 kanker hati.

"Temuan kami meyakinkan untuk menyarankan kopi mungkin memiliki manfaat kesehatan," ujar Dr. UNI mcMenamin dari Queen's University.

"Orang yang biasa minum kopi bisa tetap mempertahankan kebiasaan itu karena baik untuk kesehatan mereka. Itu karena kopi mengandung antioksidan dan kafein, yang dapat melindungi dari kanker," ungkap peneliti utama Kim Tu Tran.

Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)
Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)

Masalahnya orang yang meminum kopi sering dibarengi dengan merokok, dan kopi tidak bisa menangkal kanker hati akibat merokok, minum alkohol, dan masalah berat badan.

Para peneliti melacak 365.157 peminum kopi, dan lebih dari 100.000 orang yang tidak minum kopi. Risiko 50 persen lebih rendah bagi peminum kopi dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Tapi saat alkohol, merokok dan obesitas juga diperhitungkan, risiko jadi hanya 13 persen lebih rendah untuk setiap cangkir yang diminum per harinya.

baca juga

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Minum Kopi, Buah Zakar Legenda Tinju Johnny Nelson Bengkak Sebesar Kelapa

Minum Kopi, Buah Zakar Legenda Tinju Johnny Nelson Bengkak Sebesar Kelapa

Sport | Jum'at, 01 November 2019 | 19:09 WIB

Aktor Kim Jung Tae Ceritakan Perasaannya setelah Berjuang Lawan Kanker Hati

Aktor Kim Jung Tae Ceritakan Perasaannya setelah Berjuang Lawan Kanker Hati

Health | Selasa, 29 Oktober 2019 | 20:00 WIB

Mengenal Kopi Lanang, Biji Kopi Langka Tak Berkeping Dua

Mengenal Kopi Lanang, Biji Kopi Langka Tak Berkeping Dua

Lifestyle | Selasa, 22 Oktober 2019 | 18:16 WIB

Terkini

Aksi Heroik Marinir Lampung Kibarkan Merah Putih di Puncak Menara 74 Meter

Aksi Heroik Marinir Lampung Kibarkan Merah Putih di Puncak Menara 74 Meter

Lampung | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:05 WIB

25 Promo Makanan dan Minuman 17 Agustus, Ada Paket Menarik Rp17 Ribuan

25 Promo Makanan dan Minuman 17 Agustus, Ada Paket Menarik Rp17 Ribuan

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:02 WIB

Dampak Gempa NTT: 5 Warga Meninggal, Infrastruktur Jalan Putus dan Longsor

Dampak Gempa NTT: 5 Warga Meninggal, Infrastruktur Jalan Putus dan Longsor

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:02 WIB

Jelang HUT RI: Flare Latihan TNI AU Nyasar ke Mobil Warga, Ini Respon TNI

Jelang HUT RI: Flare Latihan TNI AU Nyasar ke Mobil Warga, Ini Respon TNI

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:01 WIB

Sinyal NTT Lumpuh! Gempa M 7,7 Hantam 200 BTS, Komdigi Berpacu dengan Waktu Pulihkan Jaringan

Sinyal NTT Lumpuh! Gempa M 7,7 Hantam 200 BTS, Komdigi Berpacu dengan Waktu Pulihkan Jaringan

Tekno | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 11:01 WIB

Mobil Terlaris JanuariJuli 2026: BYD dan Jaecoo Mengudara, Merek Jepang Kian Waspada

Mobil Terlaris JanuariJuli 2026: BYD dan Jaecoo Mengudara, Merek Jepang Kian Waspada

Otomotif | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:58 WIB

Pramuka Masa Kini, Masih Relevankah Morse ketika Semua Ada di Google?

Pramuka Masa Kini, Masih Relevankah Morse ketika Semua Ada di Google?

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:55 WIB

Jangan Habiskan Long Weekend di Rumah Saja, 8 Film Indonesia Ini Siap Temani Liburanmu!

Jangan Habiskan Long Weekend di Rumah Saja, 8 Film Indonesia Ini Siap Temani Liburanmu!

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:53 WIB

Update Gempa Flores, NTT: 1 Korban Meninggal Dunia di Pelabuhan Laurentius Say Maumere

Update Gempa Flores, NTT: 1 Korban Meninggal Dunia di Pelabuhan Laurentius Say Maumere

Video | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:51 WIB

Gubernur NTT: Saya Terima Laporan Korban Gempa Bumi 5 Orang Meninggal

Gubernur NTT: Saya Terima Laporan Korban Gempa Bumi 5 Orang Meninggal

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:51 WIB

×