Berkaca dari Kasus Rapper TI, Kenali Jenis Selaput Dara pada Wanita!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Berkaca dari Kasus Rapper TI, Kenali Jenis Selaput Dara pada Wanita!
Rapper TI (Instagram/princess_of_da_south)

Setiap perempuan memiliki bentuk selaput dara yang berbeda.

Suara.com - Rapper TI, atau yang memiliki nama asli Clifford Joseph Harris Jr., mengaku setiap tahun dirinya selalu membawa putrinya, Deyjah Harris, ke ginekolog untuk tes keperawanan.

"Segera setelah ulang tahunnya, kami merayakannya. Lalu sehari setelah perayaan, ketika dia membuka kado-kado yang didapatnya, aku menempelkan sticky note di pintu: 'Besok. 9.30'," tutur TI dalam podcast dengan Nazanin Mandi dan Nadia Moham.

Rutinitas 'memeriksakan selaput dara' ini ternyata sudah dilakukan sejak Deyjah berusia 16 tahun.

Hal ini pun memicu kemarahan dari berbagai pihak, terutama pakar kesehatan. Salah satunya obgyn asal California, Jen Gunter.

"Selaput dara bukanlah indikator keperawanan, 50% dari remaja yang aktif secara seksual tidak memiliki selaput dara yang terganggu. Selaput dara sering sangat fleksibel," cuitnya.

Unggahan Jen Gunter (Twitter/Jennifer Gunter)
Unggahan Jen Gunter (Twitter/Jennifer Gunter)

Berkaca dari kasus ini, ada pentingnya kita sebagai orang awam mengetahui jenis-jenis dari selaput dara agar tidak lagi salah kaprah.

Berdasarkan youngwomenshealth.org, selaput dara merupakan selaput tipis pada pembukaan vagina. Setiap wanita memiliki bentuk selaput dara yang berbeda, itulah mengapa selaput dara dibagi menjadi beberapa jenis.

Jenis selaput dara (youngwomenshealth.org)
Jenis selaput dara (youngwomenshealth.org)

1. Selaput dara imperforata

Ini adalah selaput tipis yang benar-benar menutupi lubang vagina. Darah haid tidak bisa mengalir keluar dari vagina.
Kondisi ini biasanya menyebabkan darah kembali ke vagina yang sering berkembang menjadi massa vagina dan sakit perut dan / atau punggung.

2. Selaput dara microperforate

Ini adalah selaput dara tipis yang hampir sepenuhnya menutupi lubang vagina. Darah haid biasanya dapat mengalir keluar dari vagina tetapi pembukaannya sangat kecil.

Seorang wanita muda dengan selaput dara microperforate biasanya tidak akan dapat memasukkan tampon ke dalam vaginanya dan mungkin tidak menyadari bahwa ia memiliki lubang yang sangat kecil.

3. Selaput dara septate

Hal ini terjadi ketika selaput dara tipis memiliki jaringan ekstra di tengah yang menyebabkan dua lubang vagina kecil, bukannya satu.

Perawatan untuk selaput dara septate adalah pembedahan minor untuk menghilangkan pita ekstra jaringan dan membuat lubang vagina berukuran normal.

Bahkan, ada beberapa perempuan yang dilahirkan dengan selaput dara terbuka, sehingga sebenarnya kita tidak dapat memastikan seseorang sudah melakukan hubungan intim hanya dengan selaput dara mereka, tulis plannedparenthood.org.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS