Banyak Manfaat, Jus Tebu Justru Kurang Baik bagi Ibu Hamil

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Banyak Manfaat, Jus Tebu Justru Kurang Baik bagi Ibu Hamil
Proses pembuatan jus tebu (Pixabay/hoeldino)

Jus tebu yang memiliki banyak manfaat ternyata kurang baik dikonsumsi ibu hamil.

Suara.com - Jus tebu termasuk minuman yang banyak disukai orang dan memiliki banyak manfaat. Sayangnya, jus tebu justru tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Menurut dr. Kang Wee, konsultan senior dokter kandungan dan ginekolog di Kang Clinic for Women. dilansir dari youngparents.com, ibu hamil tidak boleh minum jus tebu karena mudah terkontaminasi bakteri.

"Kadar gula yang tinggi lebih memungkinkan lalat mencemari air tebu. Selain itu, Anda juga tidak bisa menjamin kebersihan penyimpanan, proses pembuatan, pisau pemotong dan saringannya yang mungkin tidak dicuci rutin," jelasnya.

Meski begitu, ada pengecualian jika Anda membuat jus tebu sendiri sehingga bisa menjamin kebersihannya. Karena itu dilansir dari parenting.firstcry.com, adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi jus tebu selama hamil:

Ilustrasi proses pembuatan jus tebu (Pexels/Adrienne Andersen)
Ilustrasi proses pembuatan jus tebu (Pexels/Adrienne Andersen)
  1. Kebersihan, pastikan Anda membeli jus tebu dari tempat yang higienis. Jangan minum jus tebu dari pedagang kaki lima, karena dapat menyebabkan keracunan makanan atau infeksi perut.
  2. Jangan terlalu banyak, jus tebu memiliki kandungan gula tinggi yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan jika dikonsumsi lebih dari jumlah yang dibutuhkan.
  3. Jangan mengonsumsi jus tebu jika Anda menderita diabetes atau diabetes gestasional.
  4. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda sebelum memasukkan jus tebu ke dalam diet harian Anda.
Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)

Jus tebu memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar bagi Anda selama kehamilan. Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda sudah pasti boleh minum jus tebu, apalagi dalam jumlah banyak. Karena itu, Anda disarankan konsultasi dengan dokter sebelum minum jus tebu selama kehamilan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS