Kaki Kimberly Ryder Bengkak di Kehamilan 8 Bulan, Apa Penyebabnya?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Kaki Kimberly Ryder Bengkak di Kehamilan 8 Bulan, Apa Penyebabnya?
Kimberly Ryder. (Sumarni/Suara.com)

Penyebab pembengkakan kaki dan pergelangan kaki selama kehamilan seperti yang dialami Kimberly Ryder.

Suara.com - Kehamilan pertama Kimberly Ryder kini sudah memasuki usia 8 bulan. Artis cantik ini pun nekat melakukan perjalanan jauh di trimester kehamilan demi mewujudkan impiannya melahirkan di Inggris.

Kimberly mengaku bahwa kondisi kehamilannya tidak berbahaya untuk melakukan perjalanan jauh hingga 30 jam. Tetapi, Kimberly juga tak memungkiri kalau dirinya sempat merasa kelelahan selama perjalanan.

"Sudah 12 jam penerbangan. Akhirnya kita nonton Avengers: Endgame juga. Sebentar lagi sampai. Pengalaman sebagai perempuan hamil besar dalam perjalanan ini, capek sih lumayan ya, kakinya bengkak banget," kata Kimberly Ryder dikutip dalam kisah perjalanannya menuju Inggris, melalui chanel YouTube miliknya.

Kimberly berusaha mengatasi rasa lelah dan kakinya yang bengkak dengan melakukan gerakan serta berjalan di dalam pesawat. Gerakan fisik kecil di pesawat itu bisa mengurangi rasa lelahnya.

Sebagian besar ibu hamil pasti akan mengalami pergelangan kaki dan kaki bengkak seperti Kimberly Ryder. Kondisi ini wajar terjadi selama kehamilan meski membuat tidak nyaman, malu atau sepatu terasa lebih ketat.

Liburan Kimberly Ryder dan Edward Akbar di Bali (instagram.com/edward_akbar)
Liburan Kimberly Ryder dan Edward Akbar di Bali (instagram.com/edward_akbar)

Melansir dari pregnancybirthbaby.org.au, ada 3 alasan utama yang membuat ibu hamil mengalami pembengkakan kaki selama masa kehamilan.

  1. Sepanjang kehamilan, Anda menghasilkan lebih banyak darah dari biasanya untuk membantu perkembangan bayi.
  2. Saat bayi berkembang, rahim Anda menekan dan sedikit menghalangi pembuluh darah yang mengembalikan darah dari kaki ke jantung.
  3. Hormon hamil membuat dinding vena lebih lembut, yang membuatnya lebih sulit untuk bekerja dengan baik. Karena itu, darah cenderung menumpuk di kaki. Lalu, sejumlah darah bocor melalui pembuluh darah kecil dan menyebabkan pembengkakan kaki.
Penyebab kaki bengkak. (Shutterstock)
Ilustrasi kaki bengkak. (Shutterstock)

Umumnya, pembengkakan terjadi di kaki dan pergelangan kaki. Tapi, pembengkakan ada kalanya mengindikasikan kondisi yang lebih serius. Oleh karenanya, Anda perlu mengunjungi dokter jika terjadi beberapa kondisi berikut ini.

  1. Pembengkakan tidak berkurang setelah istirahat lama
  2. Wajah dan tangan bengkak
  3. Pembengkakan lebih parah dari yang sebelumnya terjadi

Pasalnya, pembengkakan seperti itu bisa jadi tanda peringatan preklampsia, yakni tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kehamilan. Kondisi ini bisa menjadi lebih serius untuk bayi dalam kandungan dan Anda sendiri. Jadi, segera hubungi dokter.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS