Alamak! Ada Tren Jemur Anus yang Diklaim Sehat, Apa Kata Pakar Kesehatan?

Ririn Indriani | Risna Halidi
Alamak! Ada Tren Jemur Anus yang Diklaim Sehat, Apa Kata Pakar Kesehatan?
Ilustrasi: tren jemur anus yang diklaim sehat, benarkah? (Shutterstock)

Paparan sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan, tapi kalau menjemur anus?

Suara.com - Alamak! Ada Tren Jemur Anus yang Diklaim Sehat, Apa Kata Pakar Kesehatan?

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Nah, terkait dengan manfaat sinar matahari pagi, kini ada tren nyeleneh, yaitu menjemur lubang anus yang diklaim juga baik untuk kesehatan.

Tren nyeleneh ini disebut "Perineum Sunning", sebuah istilah di mana seseorang telanjang bulat dan mengarahkan lubang anus ke arah matahari selama 30 detik setiap hari.

Katanya nih, kegiatan tersebut dapat memberikan efek menyehatkan.

Kegiatan menjemur lubang anus tepat di bawah sinar matahari juga disebut dapat memberi lebih banyak energi dan meningkatkan sisi spiritual.

Tentu saja, banyak ahli medis memperingatkan bahwa praktik aneh tersebut bisa berbahaya, karena area perineum atau lubang anus sangat sensitif.

Tak hanya itu, memaparkan anus langsung ke sinar matahari tanpa perlindungan, kata pakar kesehatan, juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

"Hanya dalam 30 detik sinar matahari di lubang anus, Anda akan menerima lebih banyak energi," tulis pengguna Instagram ra_of_earth dalam sebuah pos viral pada Oktober 2019.

Dilansir dari Oddity Centrel, beberapa selebriti disebut telah melakukan tren perineum sunning, termasuk aktris Hollywood Shylene Woodley.

Shylene Woodley pernah mengatakan kepada The Gloss bahwa ia melakukan hal tersebut untuk mendapatkan vitamin D lebih banyak musim dingin.

Para ahli kesehatan dengan cepat menyangkal klaim yang dibuat oleh influencer media sosial mengenai perineum sunning dan menyebut praktik tersebut tidak perlu dan tidak sehat.

"Tidak ada bukti bahwa berjemur dengan cara ekstrem tersebut memiliki efek kesejahteraan fisik. Ya, melatih kesadaran dan meditasi, dan mendapatkan dosis Vitamin D bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik, tetapi Anda tidak perlu merusak kulit Anda dalam proses memberikam paparan sinar matahari," kata Dr Diana Gall dari Doctor-4-U kepada Insider.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS