alexametrics

Bau Hujan Punya Daya Menenangkan, Dari Mana Aroma Ini Terbentuk?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Bau Hujan Punya Daya Menenangkan, Dari Mana Aroma Ini Terbentuk?
Ilustrasi hujan duit. (Shutterstock)

Bau hujan yang menenangkan ini dikenal juga dengan sebutan petrichor.

Suara.com - Banyak orang yang mengatakan bahwa hujan memiliki bau yang enak dan menenangkan. Istilah dari bau ini adalah petrichor, diciptakan pada 1964 oleh dua ilmuwan Australia yang mempelajari aroma cuaca basah.

Kedua ilmuwan tersebut bernama Isabel Joy Bear dan Richard Thomas. Mereka menciptakan Nature of Argillaceous Odor, diterbitkan dalam jurnal Nature.

Umumnya, petrichor akan terjadi ketika hujan turun setelah musim kering berkepanjangan. Dan bau ini, melansir Live Science, berasal dari sepasang reaksi kimia.

Reaksi pertama, terjadi saat beberapa tanaman mengeluarkan minyak selama cuaca kering. Dan saat hujan, minyak ini dilepaskan ke udara.

Baca Juga: Musim Hujan, Ini 7 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Kedua, petrichor terjadi ketika senyawa geosmin yang diproduksi oleh bakteri penghuni tanah yang dikenal dengan Streptomyces, dilepaskan.

Ilustrasi hujan. (Shutterstock)
Ilustrasi hujan. (Shutterstock)

"Makhluk ini berlimpah di tanah. Jadi, ketika kau mengatakan mencium tanah yang lembap, sebenarnya yang kau cium adalah molekul yang dibuat oleh bakteri jenis tertentu," jelas Prof Mark Buttner, kepala mikrobiologi molekuler di John Innes Center kepada BBC.

Kedua senyawa aromatik ini bergabung untuk menciptakan aroma petrichor yang menyenangkan ketika hujan menyentuh tanah.

Aroma lain yang terkait dengan hujan adalah ozon. Selama badai, petir dapat memecah molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer.

Pada akhirnya molekul-molekul ini akan bergabung kembali menjadi molekul nitrat oksida.

Baca Juga: Bukan Karena Airnya, Inilah Penyebab Sakit Setelah Kehujanan

Zat ini berinteraksi dengan bahan kimia lain di atmosfer untuk membentuk ozon, yang memiliki bau tajam dan mengingatkan kita pada klorin.

Komentar