Serangan Jantung pada Wanita Lebih Bahaya, Gejalanya Termasuk Masalah Perut

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Serangan Jantung pada Wanita Lebih Bahaya, Gejalanya Termasuk Masalah Perut
Perempuan terkena serangan jantung. (Shutterstock)

Serangan jantung bisa berakibat fatal, terutama pada wanita yang gejalanya termasuk masalah pencernaan.

Suara.com - Serangan jantung bisa berakibat fatal atau mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Kondisi ini terjadi karena gangguan aliran darah ke jantung yang disebabkan oleh banyak hal.

Karena itu, mendeteksi gejala-gejala awal serangan jantung sangat penting untuk mendapat perawatan medis segera, terutama wanita. Cara ini bisa menyelematkan hidup mereka sebelum serangan jantung merenggut nyawanya.

Sebab dilansir dari medicalnewstoday.com, wanita lebih kecil kemungkinannya selamat dari serangan jantung pertama daripada pria. Hal ini terjadi mungkin wanita dan pria memiliki gejala serangan jantung yang berbeda.

Wanita lebih cenderung mengalami serangan jantung diam atau menunjukkan gejala yang tidak biasa. Selain itu, wanita menciptakan faktor risiko unik serangan jantung karena beberapa penyakit, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Penelitian menunjukkan bahwa wanita mengalami gejala selama beberapa minggu sebelum serangan jantung. Studi tahun 2003 pun telah membuktikannya dengan meneliti 515 wanita yang mengalami serangan jantung.

Hasilnya, 80 persen wanita mengalami setidaknya 1 gejala sejak 4 minggu sebelum serangan jantung. Gejala ini bersifat konstan yang datang dan pergi, terkadang juga mengganggu tidur.

Serangan Jantung pada Wanita Lebih Bahaya, Gejalanya Termasuk Masalah Perut - 1
ilustrasi wanita serangan jantung (shutterstock)

Adapun 8 gejala serangan jantung yang mungkin terjadi pada wanita, antara lain:

1. Nyeri dada

Gejala umum serangan jantung adalah nyeri dada yang berupa keketatan, tekanan, tindihan dan rasa sakit di dada. Namun, wanita dapat mengalami serangan jantung tanpa nyeri dada.

Penelitian 2003, sebanyak 29 persen wanita mengalami ketidaknyamanan di dada beberapa minggu sebelum serangan jantung. Tapi, 57 persen wanita baru mengalami nyeri dada ketika serangan jantung.

2. Kelemahan

Kelemahan atau mudah goyah juga termasuk gejala umum serangan jantung pada wanita. Biasanya kelemahan ini disertai kegelisahan, pusing hingga pingsan.

3. Berkeringat

Keringat berlebihan tanpa penyebab normal termasuk gejala serangan jantung pada wanita. Selain itu, rasa dingin dan lembab juga bisa menjadi indikator masalah jantung.

Kurang Tidur, gangguan tidur, imsonia. (Shutterstock)
Ilustrasi gangguan tidur. (Shutterstock)

4. Gangguan tidur

Hampir setelah wanita yang mengalami serangan jantung juga melaporkan masalah gangguan tidur beberapa minggu sebelumnya. Gangguan tidur ini termasuk kesulitan tidur nyenyak, begadang sepanjang malam, merasa lelah meski cukup tidur.

5. Masalah pencernaan

Beberapa wanita mungkin merasakan sakit atau tekanan di perut sebelum serangan jantung. Masalah pencernaan lainnya yang terkait dengan kemungkinan serangan jantung bisa termasuk, gangguan pencernaan, mual, dan muntah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS