Alami Sakit Perut Parah, Dokter Temukan Tulang Ikan di Hati Wanita ini!

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Alami Sakit Perut Parah, Dokter Temukan Tulang Ikan di Hati Wanita ini!
Tulang ikan (Pixabay/skitterphoto)

Seorang wanita mengalami sakit perut hebat akibat tulang ikan menusuk hatinya.

Suara.com - Sebuah tulang ikan dikeluarkan dari hati wanita setelah ia tak sengaja menelannya 8 tahun lalu. Kasus wanita asal Cina ini pun ditulis dalam laporan AsiaWire.

Berdasarkan laporan, ahli bedah di Cina mengambil tulang ikan dari hati seorang wanita yang kemungkinan sudah menelannya selama bertahun-tahun.

Sebelumnya, wanita itu terus mengeluh kesakitan seperti ditusuk jarum di bagian perutnya. Sehingga ia pun mencari bantuan medis di Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universita Nanchang.

"Saat itu yang bisa saya katakan kepada para dokter, perut saya rasanya sakit dan ada sesuatu yang menusuknya. Rasanya seperti ditusuk jarum," kata wanita 51 tahun itu dikutip dari Fox News.

Wanita itu bercerita sebelumnya sempat pergi ke dokter setempat dan diminta perlu banyak makan nutrisi. Sampai akhirnya, wanita itu menjalani pemindaian di rumah sakit dan dr. Zhou Guomin menemukan ada tulang ikan yang tersangkut di hatinya.

Ilustrasi sakit perut (Shutterstock)
Ilustrasi sakit perut (Shutterstock)

Setelah melihat riwayat pasien, dokter lantas menduga bahwa tulang ikan itu sudah terjebak lama di dalam hati selama bertahun-tahun karena tidak pernah ditemukan.

"Hasil pemindaian menemukan bahwa peradangan di hatiku akibat tulang ikan. Setelah dokter mengeluarkannya, kondisiku mulai membaik karena tulang ikan itu sangat tajam dan tidak bisa dicerna," ujarnya.

Wanita itu juga bercerita bahwa tulang ikan telah menembus lapisan perutnya setelah ditelan dan terus bergeser karena gerakan otot-otot yang dibawa oleh pembuluh darah ke hatinya.

Kondisi ini wanita ini sangat beruntung, karena tulang ikan itu bisa saja menjalar ke jantungnya yang bisa berakibat fatal.

Kasus serupa pernah dilaporkan dalam BMC 2012, seorang wanita 45 tahun dilarikan ke UGD karena sakit perut, kehilangan nafsu makan, tekanan darah rendah dan kelemahan fisik yang memburuk selama beberapa bulan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS