Makin Menyebar, Kali Ini Coronavirus Sudah Menginfeksi 2 Orang di Vietnam

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Makin Menyebar, Kali Ini Coronavirus Sudah Menginfeksi 2 Orang di Vietnam
Ilustrasi Coronavirus, (Shutterstock)

Tak ingin virus menyebar, Menkes Vietnam telah mengadakan pertemuan darurat untuk membahas langkah-langkah pencegahan.

Suara.com - Wabah coronavirus yang awalnya merebak di Wuhan, China, dan menyebabkan 41 kasus pneumonia sekarang telah menjangkit orang-orang di negara lain.

Beberapa waktu yang lalu, seorang wanita asal Thailand dikarantina setelah didiagnosis terinfeksi virus ini dan seorang lelaki dari Jepang juga mengalami kondisi yang sama.

Sekarang, berdasarkan laporan baru dari Bloomberg, virus tersebut diduga telah menyebar di Vietnam. Tenaga medis telah mengkarantina dua pengunjung China yang berasal dari Wuhan setelah mereka mendarat di Bandara Internasional Danang pada Selasa (14/1/2020) sebagai tindakan pencegahan.

Dilansir World of Buzz, Kemeterian Kesehatan Vietnam telah memeriksa mereka dan mengatakan kedua pengunjung tersebut menunjukkan tanda-tanda demam.

Tak ingin virus menyebar, Menkes negara tersebut telah mengirim tim ke kota dan mengadakan pertemuan darurat untuk membahas langkah-langkah pencegahan.

Ilustrasi pneumonia [shutterstock]
Ilustrasi pneumonia [shutterstock]

Perlu diketahui, gejala yang muncul akibat infeksi coronavirus baru ini akan terasa seperti flu biasa. Bagian hidung, sinus atau tenggorokan bagian atas dapat terinfeksi karenanya.

Belum diketahui secara jelas bagaimana coronavirus baru ini menular, tapi beberapa ahli percaya bahwa virus ditularkan dari hewan ke manusia.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak mengesampingkan kemungkinan adanya penularan dari manusia ke manusia meski kemungkinannya terbatas. Sebab, belum ada laporan mengenai petugas medis yang ditertular penyakit akibat merawat pasien yang terinfeksi.

Karena Tahun Baru China makin dekat, penanganan kasus ini sangat penting. Jangan sampai berubah menjadi epidemi global. Ditakutkan, warga China yang bepergian ke negara lain akan membawa virus yang pada akhirnya dapat mewabah di negara yang dikunjungi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS