Sering Ngantuk tapi Tak Bisa Ngopi? Cobalah Atasi Pakai 5 Cara Alami Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Sering Ngantuk tapi Tak Bisa Ngopi? Cobalah Atasi Pakai 5 Cara Alami Ini
Ilustrasi kelelahan/mengantuk saat bekerja (Shutterstock)

Banyak orang memilih minum kopi untuk mengatasi kantuk saat bekerja, tetapi tidak semua orang bisa mengonsumsi kopi.

Suara.com - Anda pasti pernah merasa mengantuk ketika harus bekerja dan membutuhkan konsentrasi. Biasanya orang mengatasi kondisi ini dengan minum kopi untuk mengatasi kantuk.

Sayangnya, tidak semua orang bisa minum kopi untuk mengatasi kantuk, terutama jika mereka memiliki riwayat penyakit lambung.

Padahal ada banyak cara mengatasi kantuk ketika butuh konsetrasi penuh. Dilansir oleh Bright Side, ada 7 cara untuk membantu seseorang mengatasi kantuk dan meningkatkan energinya.

1. Menggigit lemon

Rasa asam, seperti lemon bisa memeberikan efek mengejutkan yang seolah membangunkan atau membuka mata kita ketika merasa mengantuk. Jadi Anda bisa menggigit lemon ketika merasa mengantuk dan butuk konsentrasi.

Ilustrasi mengantuk (shutterstock)
Ilustrasi mengantuk (shutterstock)

2. Pijat telinga

Memijat telingan merupakan teknik biksu Buddha kuno untuk menghindari kantuk saat bermeditasi. Anda cukup menjepit cuping telinga dengan keras. Karena, menekan titik aktif pada daun telinga bisa membangunkan Anda ketika merasa mengantuk.

3. Menguap paksa

Saat mengantuk tapi butuh konsentrasi, Anda bisa menguap secara paksa. Gerakan menguap membantu mendinginkan otak secara alami.

Anda bisa melakukannya beberapa kali, sekitar 7-10 kali pengulangan. Lakukan cara ini sampai Anda merasa terbangun dan bugar kembali.

Sering Ngantuk tapi Tak Bisa Ngopi? Cobalah Atasi Pakai 5 Cara Alami Ini - 2
Ilustrasi menguap karena mengantuk. (Shutterstock)

4. Mengunyah sesuatu

Saat mengantuk tapi butuh konsentrasi, cobalah mengunyah sesuatu dengan rasa mint yang kuat. Semakin kuat rasa mint dan kunyahannya, maka cara ini semakin efektif membangunkan Anda. Biasanya orang memilih mengunyah permen karet mint.

Jika Anda juga merasa lapar dan ingin mengonsumsi cemilan atau makanan berat, cobalah menghindari makanan dengan bawang mentah. Karena, bawang adalah obat penenang alami yang bisa memberikan rasa kantuk.

5. Gosokkan bawang bombay di tangan

Ambilnya 1 bawang bombay dan potong kecil-kecil, lalu haluskan. Setelah itu, campurkan bawang bombay yang sudah halus dengan madu lalu oleskan ke tangan. Tunggu 10 menit, setelah itu cuci sampai bersih menggunakan air dingin.

Cara menggosokkan bawang bombay ke tangan bisa membantu meningkatkan energi dan membuat Anda lebih segar dalam waktu singkat. Tentu saja cara ini efektif mengatasi kelelahan ketika sedang menjalani rutinitas sehari-hari.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS