556 Orang Positif Corona Covid-19, Korea Selatan Tingkatkan Kewaspadaan

M. Reza Sulaiman
556 Orang Positif Corona Covid-19, Korea Selatan Tingkatkan Kewaspadaan
Kota Daegu dan Cheongdo kosong karena virus Corona Covid-19. (AFP/Jung Yeon Je)

Korea Selatan mengalami lonjakan pasien positif virus Corona Covid-19 secara signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Suara.com - 556 Orang Positif Corona Covid-19, Korea Selatan Tingkatkan Kewaspadaan

Korea Selatan mengalami lonjakan pasien positif virus Corona Covid-19 secara signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan laman VOA Indonesia, sudah ada 556 orang positif terinfeksi virus Corona Covid-19 di Korea Selatan. Presiden Moon Jae In bahkan meningkatkan tingkat kewaspadaan terhadap penyakit ini ke tingkat tertinggi.

"Saya mendesak para pejabat agar tidak ragu-ragu mengambil langkah-langkah kuat yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk mengatasi wabah Covid-19," tuturnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan mengatakan dari 123 penderita baru yang dilaporkan hari Minggu, 113 penderita berada di Daegu, kota terbesar keempat di Korea Selatan, dan daerah sekitarnya. Di Korea Selatan kini terdapat 556 orang yang dilaporkan terjangkit virus korona.

Sebagian besar infeksi baru di Korea Selatan itu dikaitkan dengan satu kelompok Kristen pinggiran di Daegu, kota terbesar keempat di negara itu. Walikota Daegu telah memperingatkan warga agar tetap tinggal di dalam rumah. Banyak bisnis tutup dan sekolah-sekolah juga membatalkan kegiatan belajar mengajar.

Di Seoul, yang juga menghadapi lonjakan penderita baru, praktis semua penumpang di bus-bus umum dan kereta api mengenakan masker dan tampak saling berpandangan dengan gugup jika seseorang bersin atau batuk.

"Ini seperti adegan dalam film bencana," kata Choi In-woo, mahasiswa tahun pertama di kawasan Gwanghwamun di distrik Jongno, yang melaporkan sebagian besar penderita baru di ibukota, Seoul, pekan ini.

"Saya benar-benar takut kalau ini berlangsung lama," kata Choi, yang universitasnya membatalkan masa orientasi untuk semester baru. [Voa Indonesia]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS