Tertular Virus Corona Covid-19, Kucing di Belgia Sembuh dalam 9 Hari

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Tertular Virus Corona Covid-19, Kucing di Belgia Sembuh dalam 9 Hari
Ilustrasi kucing. (Shutterstock)

Kucing ini tertular virus Corona Covid-19 dari pemilik yang pulang dari Italia.

Suara.com - Tertular Virus Corona Covid-19, Kucing di Belgia Sembuh dalam 9 Hari

Seekor kucing di Belgia terinfeksi virus corona Covid-19. Uniknya, sang kucing yang tertular dari pemiliknya ini bisa sembuh dalam waktu 9 hari.

Mengutip laman Livescience, Senin (30/3/2020) ini adalah penularan dari manusia ke kucing pertama dalam kasus virus corona SARS CoV 2. Seminggu setelah pemiliknya sakit, usai tiba dari Italia Utara, kucing itu mengalami gejala virus corona, diare, muntah dan masalah pernapasan.

Ahli virologi Steven Van Gucht, sekaligus juru bicara federal untuk epidemi coronavirus di Belgia, menyebut pemiliknya mengirim sampel muntah dan kotoran ke laboratorium Dr. Daniel Desmecht Fakultas Kedokteran Hewan Liege.

Tes genetik menunjukkan adanya virus SARS CoV 2 dalam sampel tersebut. "Kucing itu berhasil sembuh setelah 9 hari," kata Gucht.

Gucht mengatakan baik manusia dan kucing sepertinya memiliki pintu masuk yang sama pada pernapasan yang memungkinkan SARS CoV 2 menginfeksi.

Pada manusia sendiri, para ilmuwan telah menemukan virus corona menempel di protein reseptor yang disebut ACE2, yang berada di luar sel pernapasan. Nah, saat berada di dalam sel, virus akan memanipulasi dan terus memperbanyak diri.

"Protein ACE2 kucing menyerupai homolog ACE2 manusia, yang kemungkinan besar itu adalah reseptor penghubung yang digunakab virus SARS CoV 2 untuk masuk ke dalam sel," kata Van Gucht.

Ilustrasi kucing [shutterstock]
Ilustrasi kucing [shutterstock]

Kilas balik di 2003, selama wabah SARS kucing juga ditemukan terinfeksi virus.

Meski begitu, belum ada laporan yang menyatakan hewan bisa menularkan virus ke pemiliknya. Van Gucht memastikan penularan virus dari manusia ke hewan, sangat jarang terjadi.

"Kami pikir kucing adalah korban sampingan dari epidemi yang menyerang manusia dan tidak memainkan peran penting dalam penyebaran virus," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS