CDC Rilis Data Dampak Infeksi Covid-19 Pada Anak, Benar Risikonya Rendah?

M. Reza Sulaiman | Fita Nofiana
CDC Rilis Data Dampak Infeksi Covid-19 Pada Anak, Benar Risikonya Rendah?
Ilustrasi anak sakit Covid-19. (Shutterstock)

Selama ini infeksi virus Corona Covid-19 pada anak tidak dianggap berbahaya. Namun, data dari CDC menyatakan sebaliknya.

Suara.com - CDC Rilis Data Dampak Infeksi Covid-19 Pada Anak, Benar Risikonya Rendah?

Kasus Covid-19 pada anak-anak memang sebagian besar merupakan infeksi ringan. Namun, Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, melaporkan bahwa kasus berat hingga kematian mulai terjadi pada anak-anak.

Mengalihbahasakan dari CNN, CDC melaporkan infeksi virus corona pada anak-anak di Amerika Serikat biasanya ringan, namun beberapa kasus parah juga ditemukan. Tiga anak bahkan dilaporkan meninggal dunia.

Laporan CDC yang dirilis pada Senin (7/4/2020) itu menyatakan, ada kematian kurang dari 2 persen anak-anak dari kasus yang dilaporkan di AS. Laporan tersebut diterbitkan dalam Laporan Morbiditas dan Mortalitas mingguan CDC yang menganalisis 149.760 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi laboratorium di AS antara 12 Februari hingga 2 April 2020.

Dari 149.082 kasus dilaporkan hanya 2.572 atau 1,7 persen adalah anak-anak di bawah 18 tahun.

"Sedangkan sebagian besar kasus Covid-19 pada anak-anak tidak parah, namun penyakit Covid-19 yang serius dan mengakibatkan rawat inap masih terjadi," kata laporan tersebut seperti yang dukitip oleh CNN.

"Perilaku menjaga jarak dan perilaku pencegahan sehari-hari tetap penting untuk semua kelompok umur karena pasien dengan penyakit yang kurang serius dan mereka yang tanpa gejala cenderung memainkan peran penting dalam penularan penyakit," tambahnya.

Melansir dari CNN, gejala-gejala seperti batuk dan demam sering tidak dilaporkan dalam kasus anak-anak seperti pada orang dewasa. Di antara anak-anak, 73 persen melaporkan gejala demam, batuk dan sesak napas. 

Menurut laporan tersebut, anak-anak juga tampaknya memiliki tingkat rawat inap yang lebih rendah.

Dari 345 kasus pediatrik, 80 anak setidaknya mengalami kondisi kesehatan yang mendasari. Di antara 295 kasus anak-anak dengan status rawat inap  28 dari 37 anak-anak juga memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS