Musisi Glenn Fredly Meninggal Dunia, Ketahui 5 Penyebab Meningitis

M. Reza Sulaiman
Musisi Glenn Fredly Meninggal Dunia, Ketahui 5 Penyebab Meningitis
Musisi Glenn Fredly meninggal dunia karena meningitis. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Glenn Fredly dikabarkan meninggal dunia karena penyakit radang selaput otak atau meningitis. Kenali ragam penyebab meningitis berikut ini.

Suara.com - Musisi Glenn Fredly Meninggal Dunia, Ketahui 5 Penyebab Meningitis

Musisi Glenn Fredly meninggal dunia hari ini, Rabu (8/4/2020) sekitar pukul 18.00 WIB. Kabar ini dibenarkan oleh kerabat Glenn Fredly kepada Suara.com.

"Iya bener mas, jam 6 lewat, saya juga baru dapat adek iparnya, Billy, di RS Setia Mitra Fatmawati," katanya saat dihubungo wartawan, Rabu (8/4/2020).

Glenn Fredly dikabarkan meninggal dunia karena penyakit radang selaput otak atau meningitis. Ia berpulang di usia 44 tahun dan meninggalkan satu orang istri dan satu orang anak.

Meningitis merupakan salah satu penyakit infeksi paling berbahaya yang ada saat ini. Dilansir laman Hello Sehat, meningitis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dimulai dari bagian lain pada tubuh Anda, seperti telinga, sinus, dan tenggorokan.

Agar lebih jelas, berikut penjelasan soal penyebab penyakit meningitis seperti yang dialami oleh Glenn Fredly:

1. Meningitis bakteri

Bakteri yang bisa menyebabkan meningitis antara lain: Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniac, Listeria monocytogenes, Escherichia coli, Klebsiella sp., dan Streptococcus grup B. Bakteri.

Bakteri ini menular melalui pernapasan dan sekresi tenggorokan seperti dahak saat batuk dan berciuman.

Dalam banyak kasus, meningitis karena bakteri muncul ketika bakteri masuk melalui aliran darah di sinus, telinga, atau tenggorokan. Bakteri kemudian berpindah ke otak melalui aliran darah.

Infografis mengenal meningitis penyakit radang selaput otak. (Suara.com)
Infografis mengenal meningitis penyakit radang selaput otak. (Suara.com)

Meningitis dapat menjadi penyakit yang sangat serius yang membutuhkan perawatan segera. Meningitis bakteri dapat mengancam jiwa atau menyebabkan kerusakan otak permanen.

2. Meningitis virus

Virus yang bisa menyebabkan meningitis antara lain: virus influenza, virus herpes simplex, virus varicella zoster, virus West Nile, virus limfositik koriomeningitis, dan virus campak.

Meningitis virus adalah kondisi yang lebih umum daripada meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Beberapa virus dapat memicu penyakit ini, termasuk virus-virus yang menyebabkan diare.

Selanjutnya: Meningitis jamur

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS