Kenali Kanker Payudara Metastasis, Penyebab Fera Queen Meninggal

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Kenali Kanker Payudara Metastasis, Penyebab Fera Queen Meninggal
Fera Queen [Instagram]

Kondisi di mana kanker pada payudara dapat menyebar ke organ lain.

Suara.com - Salah satu finalis X Factor Indonesia, Fera Queen, meninggal dunia Selasa (14/4/2020) di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta Selatan, karena menderita kanker payudara sejak lima tahun.

"Penyebab meninggalnya karena kanker payudara. Dari lima tahun lalu yang sudah metas ke organ lain," ungkap Irman Firmansyah, adik kandung almarhumah Fera Queen melalui sambungan telepon, Rabu (15/4/2020).

Metas yang dimaksud Iman adalah metastasis, sebuah kondisi di mana kanker payudara yang diidap seseorang telah menyebar ke organ lain di dalam tubuh, paling umum hati, otak, tulang, atau paru-paru.

Dilansir Breastcancer.org, sel-sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor asli di payudara dan melakukan 'perjalanan' ke organ lain dari tubuh melalui aliran darah atau sistem limfatik. Yakni jaringan besar node dan pembuluh yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri, virus dan produk limbah tubuh.

Kanker payudara dapat muncul kembali di bagian tubuh lain berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah diagnosis dan perawatan aslinya. Hampir 30% wanita yang didiagnosis kanker payudara stadium dini akan menderita penyakit metastasis.

Fera Queen [Instagram]
Fera Queen [Instagram]

Beberapa orang memiliki kanker payudara metastasis ketika mereka pertama kali didiagnosis menderita kanker payudara, ini disebut dengan de novo metastatic.

Artinya, kanker pada payudara baru terdeteksi setelah menyebar ke organ lain.

Tumor yang bermetastasis ke organ lain terdiri dari sel-sel kanker payudara. Jadi, jika kanker payudara menyebar ke tulang, tumor itu terdiri dari sel-sel kanker payudara, bukan sel-sel tulang.

Ada berbagai pilihan pengobatan untuk kanker payudara metastasis. Peneliti juga setiap hari menguji obat-obatan potensial untuk jenis kanker ini, sehingga semakin banyak orang menjalani kehidupan semaksimal mungkin sementara menjalani perawatan.

Kanker payudara metastasis mungkin tidak hilang sepenuhnya, tetapi pengobatan dapat mengendalikannya selama beberapa tahun. Jika satu perawatan berhenti bekerja, biasanya ada perawatan lain yang bisa dicoba.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS