facebook

Biar Tetap Sehat, Ini Waktu dan Jenis Olahraga Terbaik saat Puasa

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Biar Tetap Sehat, Ini Waktu dan Jenis Olahraga Terbaik saat Puasa
Ilustrasi perempuan olahraga. (Pexels)

Jangan salah pilih waktu olahraga, ya!

Suara.com - Selama bulan Ramadan, aktivitas seseorang memang cenderung berubah dari biasanya. Termasuk juga rutinitas olahraga. Mungkin Anda perlu menyesuaikan kembali jadwal dan jenis olahraga yang biasa dilakukan. Karena jika salah waktu dan jenis olahraga, malah bisa menyebabkan dehidrasi dan lemas.

Tapi sebenarnya, jika melakukannya dengan tepat, olahraga saat puasa bermanfaat untuk kesehatan, lho. Olahraga akan mempengaruhi biokimia otot dan metabolisme yang terkait dengan sensitivitas insulin dan kontrol yang stabil terhadap kadar gula darah.

Tidak hanya itu, dampak baik berpuasa adalah karbohidrat yang disimpan, dikenal sebagai glikogen - kemungkinan besar akan terkuras. Sehingga Anda akan membakar lebih banyak lemak sebagai sumber energi ketika berolahraga.

Mengenai jenis olahraga saat puasa, olahraga dengan intensitas tinggi sebaiknya dihindari, terutama jika dilakukan sebelum berbuka puasa. Disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan atau sedang seperti yoga, tai chi, angkat barbel, atau menggunakan mesin olahraga ringan.

Baca Juga: Pakai Masker Saat Olahraga Lari, Pria ini Pingsan Karena Paru-paru Bocor!

Adapun waktu yang tepat untuk olahraga ada 2 pilihan, yaitu sebelum berbuka puasa atau setelah berbuka puasa. Berolahraga sebelum berbuka harus dibatasi waktunya dengan tidak melakukan olahraga yang terlalu melelahkan. Kemudian saat buka puasa, langsunglah minumlah cukup air untuk mengembalikan cairan tubuh.

Jika ingin berolahraga setelah berbuka puasa, lakukanlah aktivitas fisik tiga jam setelah berbuka puasa, saat tubuh telah menyelesaikan proses pencernaan.

Tantangan #WorkoutDirumah sambil membuat konten video juga bisa dilakukan. Tantangan ini dibuat agar orang tetap aktif saat Ramadan selama di rumah aja.

“Melalui tantangan ini kami ingin mengajak pengguna untuk tetap beraktivitas fisik walaupun sedang berpuasa untuk menjaga kesehatannya dan daya tahan tubuh di tengah-tengah pandemi ini,“ ujar Erwin, Manager of Creator Operation Likee lewat rilis yang diterima suara.com, Kamis (14/5/2020).

Baca Juga: Jangan Coba-coba, Ini Akibatnya Kalau Olahraga Tanpa Pemanasan

Komentar