5 Hal yang Wajib Dipakai Jika Terpaksa Naik Transportasi Umum saat Pandemi

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
5 Hal yang Wajib Dipakai Jika Terpaksa Naik Transportasi Umum saat Pandemi
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan memeriksa berkas persyaratan penumpang yang baru tiba di Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (16/5). [ANTARA FOTO/Budi Candra Setya]

Berada di rumah tetap menjadi pilihan paling aman, namun saat terpaksa naik transportasi maka Anda bisa ikuti beberapa tips berikut.

Suara.com - Saat pandemi, berada di rumah menjadi keputusan terbaik. Namun ketika terpaksa harus malakukan pekerjaan atau kegiatan penting dengan menggunakan transportasi umum, maka Anda harus ekstra berhati-hati.

Dilansir dari Insider, berikut beberapa elemen yang harus Anda pakai saat  naik kendaraan umum.

1. Masker atau Face Shield

Masker adalah hal yang paling penting untuk dipakai dalam perjalanan Anda. Masker kain dapat mencegah Anda menyebarkan kuman ke orang lain di ruang yang penuh dan sesak.

Masker kain mungkin menjadi alat pelindung paling populer saat ini, tetapi itu bukan satu-satunya pilihan.

Para ahli sebelumnya mengatakan bahwa Face Shield bisa menjadi opsi yang efektif untuk memblokir tetesan liur. Face Shield dengan plastik bening dapat dengan mudah dibersihkan dan mereka mencegah Anda menyentuh wajah.

2. Sarung Tangan

Sarung tangan dapat membantu menjaga tangan Anda tetap bersih, tetapi berhati-hatilah saat melepasnya

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) tidak merekomendasikan orang memakai sarung tangan lateks dalam kehidupan sehari-hari karena banyak orang tidak tahu cara melepasnya dengan aman.

Melepaskannya secara tidak tepat dapat membuat Anda dan orang lain terkena kuman lebih banyak. 

Namun, jika mengenakan sarung tangan akan memberikan ketenangan pikiran, Anda dapat menggunakannya selama berhati-hati.

Ilustrasi Face Shield. (Unsplash)
Ilustrasi Face Shield. (Unsplash)

3. Bersihkan Sekitar Anda

Ketika Anda sampai di tempat duduk transportasi Anda, membersihkan area sekitar sangat penting.

Sandaran tangan, kursi, meja nampan, sabuk pengaman, dan bahkan jendela semuanya merupakan area sentuh yang dapat membuat Anda terkena kuman.

Pastikan Anda membawa tisu desinfektan yang mengandung alkohol atau hidrogen peroksida. Setelah selesai, bersihkan tangan dengan pembersih tangan.

Ilustrasi memakai kacamata. (Unsplash/Gregory)
Ilustrasi memakai kacamata. (Unsplash/Gregory)

4. Kacamata

Kacamata dikenakan oleh para profesional medis untuk menjagannya agar tetap aman dari partikel virus. Selain itu, kacamata membuat Anda terhindar dari menyentuh mata.

"Kacamata bukanlah ide yang buruk, terutama jika itu akan mencegahmu menyentuh matamu," kata Linsey Marr seorang ahli  penularan penyakit melalui udara di Virginia Polytechnic Institute.

5. Pakai Kaus Kaki

Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi dan profesor di Universitas Arizona, mengatakan kepada CNBC bahwa orang-orang harus yakin mengenakan kaus kaki untuk mencegah penyebaran kuman.

Para ahli menyarankan untuk segera mencuci pakaian saat sampai rumah dan letakkan alas kaki di depan rumah. Ahli tidak menyarankan untuk mengenakan hamzat. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS