alexametrics

Harapan, Vaksin Covid-19 dari Universitas Oxford Memasuki Uji Klinis Akhir!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Harapan, Vaksin Covid-19 dari Universitas Oxford Memasuki Uji Klinis Akhir!
Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)

Peneliti berharap vaksin Covid-19 ini akan tersedia Oktober.

Suara.com - Vaksin Covid-19 yang menjanjikan dari University of Oxford dan AstraZeneca Plc dikabarkan sudah dalam tahap akhir uji klinis.

Dikenal sebagai dikenal sebagai AZD1222, vaksin ChAdOx1 nCoV-19, akan diberikan kepada 10.260 orang dewasa dan anak-anak pada tahap berikutnya di Inggris.

Saat ini, vaksin sedang diuji pada sukarelawan di Afrika Selatan dan Brasil untuk menilai seberapa baik kerjanya melindungi orang dari terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Pemimpin proyek virus corona Adrian Hill, direkytur Jenner Institute di University of Oxford, mengatakan bahwa vaksin Covid-19 eksperimental akan segera dirilis pada Oktober.

Baca Juga: Tambah 415 Kasus Baru, Virus Corona di Filipina Tembus 30 Ribu

Menurutnya, vaksin tersebut telah menunjukkan hasil yang sangat baik pada hewan (simpanse) dan telah beralih ke fase percobaan manusia berikutnya.

Ilustrasi vaksin (pixabay.com)
Ilustrasi vaksin (pixabay.com)

Selama sebuah webinar dari Perhimpunan Rheumatologi Spanyol, Profesor Hill mengatakan mereka mengharapkan hasil uji klinis pada bulan Agustus atau September. Mereka juga berharap vaksin akan ada dipasaran Oktober.

"Vaksin ini telah menunjukkan hasil yang sangat baik dalam uji coba dengan simpanse dan telah beralih ke fase uji coba manusia berikutnya," tutur Hill, dikutip The Health Site.

"Salah satu kelebihannya di awal adalah menunjukkan dalam tes sebelumnya bahwa inokulasi yang serupa, termasuk satu tahun lalu terhadap virus corona sebelumnya, tidak berbahaya bagi manusia," sambungnya.

AstraZeneca berencana untuk segera melepaskan 30 juta dosis vaksin, jika uji klinis terakhir terbukti berhasil.

Baca Juga: Bebas Virus Corona, Vietnam Belum Siap Buka Akses untuk Wisatawan Asing

Komentar