Kapan Pasangan Bisa Berhubungan Intim Usai Persalinan? Ini Kata Ahli

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Kapan Pasangan Bisa Berhubungan Intim Usai Persalinan? Ini Kata Ahli
Ilustrasi pasangan saat bercinta usai melahirkan. [shutterstock]

Banyak pasangan bertanya-tanya soal kapan mereka bisa kembali melakukan hubungan seksual setelah persalinan.

Suara.com - Usai persalinan mungkin banyak pasangan yang tidak memikirkan seks karena sibuk dengan rutinitas baru. Lalu, kapan pasangan dinyatakan siap untuk kembali melakukan hubuungan seksual penetratif usai kelahiran anak mereka?

Dilansir dari Insider, menurut American College of Obstetrics and Gynaecology, dokter sering menyarankan periode empat hingga enam minggu setelah melahirkan

Menurut Mayo Clinic, selama waktu itu, orang tua baru yang baru saja melahirkan mungkin mengalami kelelahan, kekeringan pada vagina, rasa sakit atau gairah seks yang rendah. 

Jika Anda mengalami robekan vagina selama persalinan yang membutuhkan jahitan, dokter menyarankan menunggu sampai daerah tersebut benar-benar sembuh untuk mencegah rasa sakit atau cedera ulang.

"Saya pikir kita mengharapkan orang tua baru untuk segera kembali ke rutinitas pra-kehamilan mereka, tetapi tidak ada jalan untuk kembali dan rutinitas itu kemungkinan akan berubah dari bulan ke bulan ketika seorang bayi baru lahir," kata Sofia Jawed-Wessel, seorang asisten profesor di Sekolah Kesehatan dan Kinesiologi di Universitas Nebraska-Omaha.

Tetapi ketika Anda siap, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memiliki pengalaman yang paling nyaman dan menyenangkan.

Ilustrasi melahirkan (Pixabay/9092)
Ilustrasi melahirkan (Pixabay/9092)

Menurut Christine Leistner, seorang ilmuwan kesehatan hubungan dan asisten profesor di California State University, cara pertama sebelum siap melakukan hubungan seks penetratif adalah dengan melakukan masturbasi.

"Saya akan mengatakan jangan pergi dari nol menjadi 60. Mulailah dengan masturbasi," kata Leistner kepada Insider.

Faktanya, sebuah penelitian pada Juni 2012 dalam The Journal of Sexual Medicine menemukan wanita lebih menyukai kesenangan diri (masturbasi) atau seks oral setelah melahirkan alih-alih langsung melakukan hubungan intim.

"Membicarakannya dengan seksama, berjalan lambat dan melakukan hal-hal lain yang menyenangkan selain seks, dapat membantu" kata Leistner.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS