Ayah Ivan Gunawan Meninggal Dunia Karena GERD, Apa Gejala dan Penyebabnya?

Silfa Humairah Utami | Shevinna Putti Anggraeni
Ayah Ivan Gunawan Meninggal Dunia Karena GERD, Apa Gejala dan Penyebabnya?
Ivan Gunawan menaruh bunga diatas pusara ayahnya, Bambang Cahyo Gunawan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (13/7). [Suara.com/Alfian Winanto]

Ayah Ivan Gunawan meninggal dunia karena sakit jantung dan GERD yang perlu diwaspadai gejalanya.

Suara.com - Ayah Ivan Gunawan, Bambang Cahyo Gunawan meninggal dunia kemarin Minggu (12/7/2020) pukul 17.00 WIB di Rumah Sakit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan.

Ivan Gunawan pun sempat mengunggah foto peti jenazah sanga ayah pada akun Instagramnya. Menurut keterangan paman Ivan Gunawan, Adjie Notonegoro, pihak keluarga terkejut ketika mendapat kabar Bambang Cahyo meninggal dunia.

"Saya juga terkejut karena saya lagi ibadah. Terus saya dapat whatsapp bahwa papanya Ivan itu meninggal, cukup kaget," kata Adjie Notonegoro Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (12/7/2020).

Saat ini, sepengetahuan Adjie Notonegoro, ayah Ivan Gunawan meninggal dunia karena serangan jantung dan gerd.

"Sementara karena jantung, gerd aja," tuturnya.

GERD (Gastroesophageal reflux disease) adalah gangguan pencernaan yang ditandai oleh refluks asam lambung berulang dalam jangka panjang.

Refluks asam lambung terjadi ketika cairan asam di lambung bocor dan mengalir naik ke kerongkongan atau esofagus.

Asam lambung yang naik itulah bisa mengikis dan mengiritasi dindin pelapis kerongkongan. Akibatnya, kondisi ini menimbulkan sensasi nyeri dan panas seolah terbakar di bagian ulu hati.

Dilansir dari hellosehat, setiap orang pasti memproduksi cairan asam dalam lambung. Tapi, jumlah produksinya bisa lebih banyak ketika setelah makan untuk melancarkan proses pencernaan.

Asam lambung yang naik ini tergolong normal dan biasa mereda dengan cepat. Tetapi, gangguan pencernaan ini bisa terjadi berulang-ulang yang disebut penyakit GERD.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS