Studi: Tingkatkan Kebiasaan Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Yasinta Rahmawati, Fita Nofiana

Selasa, 14 Juli 2020 | 11:55 WIB
Studi: Tingkatkan Kebiasaan Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2
Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)

Suara.com - Sebuah studi baru yang diterbitkan di Jurnal Diabetologia menunjukkan, bahwa konsumsi kopi rata-rata satu setengah cangkir per hari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Penurunan risiko ini bisa mencapai 11 persen dengan periode konsumsi empat tahun.

Dilansir dari Science Daily, penelitian ini dipimpin oleh Dr. Frank Hu dan Dr. Shilpa Bhupathiraju beserta rekan-rekannya dari Departemen Gizi, Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard, dan Universitas Harvard.

Para penulis memeriksa hubungan antara perubahan 4 tahun konsumsi kopi dengan risiko diabetes tipe 2 dalam 4 tahun berikutnya.

Para penulis menggunakan data observasi dari tiga studi prospektif besar berbasis di Amerika Serikat dalam melakukan analisis. Mereka juga mendokumentasikan 7.269 kasus diabetes tipe 2.

Ilustrasi kopi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi kopi. (Sumber: Shutterstock)

Studi ini menemukan bahwa peserta yang meningkatkan konsumsi kopi mereka lebih dari 1 cangkir per hari (kurang lebih 1,6 cangkir) selama periode 4 tahun memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dalam 4 tahun berikutnya.

Sementara peserta yang mengurangi asupan kopi sebanyak 1 cangkir sehari atau lebih malah memiliki risiko 17 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. 

"Kami mengamati bahwa peningkatan asupan kopi selama periode 4 tahun dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah dalam 4 tahun ke depan," catat para peneliti.

"Perubahan kebiasaan konsumsi kopi tampaknya mempengaruhi risiko diabetes dalam waktu yang relatif singkat. Temuan kami mengkonfirmasi studi prospektif bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah," tambah mereka. 

Para peneliti menegaskan, bahwa penelitian mereka memberikan bukti baru bahwa perubahan dalam kebiasaan konsumsi kopi berhubungan dengan risiko diabetes. 

baca juga

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Studi: Vitamin D Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Studi: Vitamin D Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Health | Senin, 13 Juli 2020 | 13:51 WIB

Minum Kopi Sebelum Sarapan Bikin Mulas, Mitos atau Fakta?

Minum Kopi Sebelum Sarapan Bikin Mulas, Mitos atau Fakta?

Lifestyle | Senin, 13 Juli 2020 | 12:45 WIB

Kelelahan Bisa Jadi Tanda Gula Darah Tinggi, Apa Penyebabnya?

Kelelahan Bisa Jadi Tanda Gula Darah Tinggi, Apa Penyebabnya?

Health | Sabtu, 11 Juli 2020 | 19:45 WIB

Terkini

Minta Doa Sebelum Dakwaan Dibacakan, Gus Yaqut: Semua yang Baik Akan Kelihatan

Minta Doa Sebelum Dakwaan Dibacakan, Gus Yaqut: Semua yang Baik Akan Kelihatan

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 10:04 WIB

Gempar! Pasar Balangan Sleman Mendadak Ramai, Penampilan Jathilan Jadi Magnet Warga

Gempar! Pasar Balangan Sleman Mendadak Ramai, Penampilan Jathilan Jadi Magnet Warga

Jogja | Selasa, 11 Agustus 2026 | 10:00 WIB

Usaha Mencintai Hidup: Belajar Bangkit Ketika Hidup Tak Lagi Seperti Dulu

Usaha Mencintai Hidup: Belajar Bangkit Ketika Hidup Tak Lagi Seperti Dulu

Your Say | Selasa, 11 Agustus 2026 | 10:00 WIB

Izin Tambang Galian C di Luwu Disorot: Warga Tak Dilibatkan, DPRD Turun Tangan

Izin Tambang Galian C di Luwu Disorot: Warga Tak Dilibatkan, DPRD Turun Tangan

Sulsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 09:55 WIB

Rupiah Melempem, Dolar AS Naik ke Level Rp17.801

Rupiah Melempem, Dolar AS Naik ke Level Rp17.801

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 09:55 WIB

Intip Harta Kekayaan Destry Damayanti, Calon Tunggal Gubernur BI Baru Pilihan Prabowo

Intip Harta Kekayaan Destry Damayanti, Calon Tunggal Gubernur BI Baru Pilihan Prabowo

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 09:53 WIB

India Remehkan Indonesia, Turunkan Skuat Pelapis di FIFA ASEAN Cup 2026 Karena Alasan Ini

India Remehkan Indonesia, Turunkan Skuat Pelapis di FIFA ASEAN Cup 2026 Karena Alasan Ini

Bola | Selasa, 11 Agustus 2026 | 09:50 WIB

Ayah di Jakarta Perkosa Anak Kandung Selama 4 Tahun, Terkuak Usai Korban Lapor Guru BK

Ayah di Jakarta Perkosa Anak Kandung Selama 4 Tahun, Terkuak Usai Korban Lapor Guru BK

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 09:49 WIB

5 Serum untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak, Lengkap dengan Kandungan dan Review

5 Serum untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak, Lengkap dengan Kandungan dan Review

Lifestyle | Selasa, 11 Agustus 2026 | 09:46 WIB

Media Italia Sebut Jay Idzes Masuk Radar PSG: Transfer Mewah untuk Sassuolo

Media Italia Sebut Jay Idzes Masuk Radar PSG: Transfer Mewah untuk Sassuolo

Bola | Selasa, 11 Agustus 2026 | 09:45 WIB

×