alexametrics

Dari Sariawan hingga Ginjal, Ini 5 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Dari Sariawan hingga Ginjal, Ini 5 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan
Ilustrasi baking soda. (Sumber: Shutterstock)

Baking soda ternyata memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Suara.com - Baking soda dikenal sebagai natrium bikarbonat yang memiliki sifat ragi. Penambahan baking soda dapat menyebabkan adonan naik dengan menghasilkan karbon dioksida. 

Selain untuk membuat makanan, baking soda ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari baking soda, antara lain:

1. Obati mulas

Mulas juga dikenal sebagai refluks asam. Ini adalah sensasi terbakar dan menyakitkan yang muncul di bagian atas perut dan dapat menyebar ke tenggorokan.

Baca Juga: Racikan Lidah Buaya dan Baking Soda Bisa Hilangkan Bekas Jerawat

Beberapa penyebab umum refluks adalah makan berlebihan, stres dan makan makanan berminyak atau pedas.

Baking soda dapat membantu mengobati mulas dengan menetralkan asam lambung. Larutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin dan minumlah campuran itu perlahan-lahan.

Perlu diingat bahwa baking soda sangat tinggi natrium pada 629 mg per setengah sendok teh. Penggunaan berkelanjutan dapat menyebabkan alkalosis metabolik dan masalah jantung.

Ilustrasi Anak Sakit Perut. (Shutterstock)
Ilustrasi Anak Sakit Perut. (Shutterstock)

2. Atasi sariawan

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berkumur dengan menggunakan baking soda sangat bagus untuk menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

Baca Juga: Ini Fakta dan Mitos Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

Anda dapat membuat obat ini dengan menambahkan setengah sendok baking soda dengan air dingin. Bilas mulut Anda dengan campuran ini sekali sehari sampai sariawan sembuh.

Komentar