Mengandung Likopen, Benarkah Tomat Dapat Menurunkan Kolesterol?

Yasinta Rahmawati, Rosiana Chozanah

Selasa, 04 Agustus 2020 | 16:13 WIB
Mengandung Likopen, Benarkah Tomat Dapat Menurunkan Kolesterol?
Kadar Kolesterol. (Shutterstock)

Suara.com - Tomat mengandung likopen yang memiliki efek antioksidan yang kuat. Para pakar meyakini kandungan ini menawarkan perlindungan terhadap kanker.

Mengonsumsi banyak tomat juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, yang dibuktikan dalam berbagai penelitian. Namun peneliti belum sepenuhnya tahu apa penyebabnya.

Lalu, apakah tomat juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh?

Dilansir dari Very Well Health, peneliti yang menerbitikan studinya dalam British Journal of Nutrition menemukan peserta yang rutin mengonsumsi makanan berasal dari tomat mengalami penurunan kolesterol.

Dalam tiga minggu, terjadi penurunan total hingga 5,9 persen dan penurunan kolesterol 'jahat' LDL hingga 12,9 persen.

5 Cara Mengendalikan Kadar Kolesterol Usai Lebaran. (Shutterstock)
Kadar Kolesterol Tinggi  (Shutterstock)

Temuan mengejutkan lainnya adalah bahwa likopen di dalam tomat mengurangi oksidasi LDL. Ketika LDL teroksidasi, itu dapat menyebabkan pembentukan plak di dinding arteri.

Sebuah studi lain pada 2014 yang terbit dalam jurnal Food and Chemical Toxicology menunjukkan peserta yang melengkapi pola makan mereka dengan jus tomat mengalami penurunan LDL yang jelas.

Tidak hanya itu peserta juga mengalami peningkatan kolesterol 'baik' HDL, meski hanya sedikit.

Beberapa penelitian telah mengindikasikan likopen dapat berinteraksi dengan HMG CoA reductase, suatu enzim di dalam hati yang membantu memproduksi kolesterol dalam tubuh.

baca juga

Diperkirakan inilah sifat yang membantu tomat memiliki efek positif terhadap lipid (lemak) dalam beberapa penelitian ini.

Ilustrasi pure tomat. [Shutterstock]
Ilustrasi pure tomat. [Shutterstock]

Meski penelitian-penelitian ini kecil dan perlu banyak dilakukan lagi, peneliti jelas telah membuktikan bahwa ada hubungan antara tomat dan kadar kolesterol.

Mereka juga menyarankan untuk mengonsumsi tomat secara rutin sebagai diet penurun kolesterol.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C, asam folat, antioksidan, pitosterol, serta serat dalam tomat juga memberikan dampak kesehatan lainnya.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Benarkah Tomat Buruk untuk Radang Sendi? Ini Penjelasannya!

Benarkah Tomat Buruk untuk Radang Sendi? Ini Penjelasannya!

Health | Minggu, 19 Juli 2020 | 17:46 WIB

Bisa Turunkan Tensi Hingga Suburkan Sperma, Berikut 8 Berita Manfaat Tomat

Bisa Turunkan Tensi Hingga Suburkan Sperma, Berikut 8 Berita Manfaat Tomat

Health | Senin, 13 Juli 2020 | 18:43 WIB

Manfaat Tomat Bagi Kesuburan: Bikin Sperma Berenang Lebih Cepat!

Manfaat Tomat Bagi Kesuburan: Bikin Sperma Berenang Lebih Cepat!

Health | Senin, 13 Juli 2020 | 15:53 WIB

Terkini

Letupan Tengah Malam di Bumi Waras: Gudang Frozen Food Rp3 Miliar Ludes Dilalap Api

Letupan Tengah Malam di Bumi Waras: Gudang Frozen Food Rp3 Miliar Ludes Dilalap Api

Lampung | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:08 WIB

Terungkap di Sidang! Kuota Haji Tambahan Diatur 'Satu Pintu' Lewat Fuad Hasan Masyhur

Terungkap di Sidang! Kuota Haji Tambahan Diatur 'Satu Pintu' Lewat Fuad Hasan Masyhur

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:05 WIB

Nathalie Holscher Pasang Badan Tunjukkan Bukti Mewah Usai Suami Dituduh Numpang Hidup

Nathalie Holscher Pasang Badan Tunjukkan Bukti Mewah Usai Suami Dituduh Numpang Hidup

Entertainment | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:05 WIB

IHSG Hari Ini Di Ujung Tanduk, Mampukah Tembus Resistance 6.300?

IHSG Hari Ini Di Ujung Tanduk, Mampukah Tembus Resistance 6.300?

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:00 WIB

Niat Investasi di Lumajang, 2 Pria Ini Malah Kehilangan Koper 1 Miliar

Niat Investasi di Lumajang, 2 Pria Ini Malah Kehilangan Koper 1 Miliar

Jatim | Rabu, 12 Agustus 2026 | 08:00 WIB

5 Penyebab Kenapa Nasi di Rice Cooker Cepat Basi dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Kenapa Nasi di Rice Cooker Cepat Basi dan Cara Mengatasinya

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:55 WIB

Pasir Putih Situbondo Dibuka untuk Investor, Investasi Ditaksir Rp40 Miliar

Pasir Putih Situbondo Dibuka untuk Investor, Investasi Ditaksir Rp40 Miliar

Bisnis | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:49 WIB

6 Zodiak Paling Tidak Sabar: Anti Lelet dan Benci Hal yang Bertele-tele

6 Zodiak Paling Tidak Sabar: Anti Lelet dan Benci Hal yang Bertele-tele

Lifestyle | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:43 WIB

Ekshumasi Sutrimo Digelar Tanpa Keluarga, Kuasa Hukum: Mereka Tak Kuat Lihat Jasad

Ekshumasi Sutrimo Digelar Tanpa Keluarga, Kuasa Hukum: Mereka Tak Kuat Lihat Jasad

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:38 WIB

GrabAcademy Buka Jalan Mitra Naik Kelas, dari Driver hingga Jadi Pengusaha

GrabAcademy Buka Jalan Mitra Naik Kelas, dari Driver hingga Jadi Pengusaha

Tekno | Rabu, 12 Agustus 2026 | 07:35 WIB

×