Mudah! Begini 5 Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Mudah! Begini 5 Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol
Ilustrasi Makan Sehat. (Shutterstock)

Gangguan kolesterol bisa menimbulkan berbagai penyakit lain seperti serangan jantung, stroke, hingga penyakit kardiovaskular.

Suara.com - Gangguan kolesterol menjadi penyakit yang cukup umum dalam masyarakat. Padahal kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung hingga stroke.

Masalah kolesterol bisa terjadi ketika kadar LDL atau kolesterol jahat cukup tinggi dan rendahnya HDL atau kolesterol baik. Hal ini bisa sangat terkait dengan gaya hidup yang Anda jalani. Melansir dari Insider, berikut adalah cara alami yang perlu Anda ikuti untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, antara lain:

1. Pola Makan Sehat

Pola makan sehat mampu mengontrol kadar kolesterol dengan cara menurunkan tingkat LDL dan meningkatkan HDL. Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumi buah dan sayur berdaun hijau, makanan berprotein seperti dada ayam dan ikan, serta gandum hingga beras merah.

Baca Juga: Mengandung Likopen, Benarkah Tomat Dapat Menurunkan Kolesterol?

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Human Nutrition and Dietics menunjukkan bahwa makan ikan dua kali seminggu serta makan buah dan sayur akan menurunkan LDL dalam 12 minggu.

2. Banyak Gerak

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menunjukkan bahwa olahraga menjadi hal yang penting untuk menurunkan kolesterol. "Hal ini karena berolahraga bisa meningkatlam tingkat HDL," kata Kevin Ferentz, MD, Kepala Departemen Pengobatan Keluarga di GBMC Health Partners Primary Care, Towson, Maryland.

Ilustrasi peregangan. (Shutterstock)
Ilustrasi peregangan. (Shutterstock)

Sebuah ulasan dari 25 studi pada 2007 menunjukkan bahwa orang yang melakukan olahraga secara rutin akan menaikkan tingkat HDL sebanyak 2,53 mg/dL meskipun tanpa perubahan pola makan dan obat.

3. Menurunkan Berat Badan

Baca Juga: Ingin Turunkan Kadar Kolesterol? Rutin Minum Teh Hijau Mulai Sekarang

Menurunkan berat badan memiliki efek pada tingkat LDL. Sebagai contoh, setiap kilogram berat badan terkait dengan 0,8 mg/dL LDL dalam tubuh. Ferentz menekankan bahwa penurunan berat badan yang relatif kecil dapat berdampak besar pada kolesterol.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS