alexametrics

Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Rifan Aditya
Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
Ilustrasi ibu hamil (Shutterstock)

Berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama kehamilan yang perlu diketahui.

Suara.com - Saat mendapati positif hamil, tentu saja Anda menginginkan pertumbuhan janin yang sehat. Nah, kira-kira makanan sehat untuk ibu hamil apa saja yang baik dikonsumsi, khususnya di trimester awal kehamilan?

Berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama kehamilan yang perlu diketahui.

1. Makanan Yang Kaya Akan Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang paling penting dalam pembentukan sel otak bayi. Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat, penting bagi kecerdasa janin di dalam kandungan.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Temuan ahli dalam Journal of American Medical Association mengatakan, bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi asam folat selama empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen.

Anda bisa mendapatkan asam folat dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kubis, buah-buahan seperti alpukat, pepaya, jeruk, kacang-kacangan, hati sapi, hingga telur.

2. Makanan Yang Kaya Protein

Protein adalah makanan untuk trimester pertama yang tidak boleh dilewatkan. Protein mempunyai peranan penting dalam membantu proses pembentukan jaringan tubuh pada ibu dan bayi selama masa kehamilan. Tidak hanya itu, protein juga bisa membantu ibu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah mengalami sakit.

Ada banyak makanan yang kaya protein, mulai dari daging tanpa lemak, ikan, telur, dan unggas.

Baca Juga: Gampang Banget, Ini Rahasia Kuku Berkilau Alami

3. Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Komentar