Jusuf Kalla Pindahkan Tali Pusat Cucunya ke Indonesia, Ini Alasannya

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Jusuf Kalla Pindahkan Tali Pusat Cucunya ke Indonesia, Ini Alasannya
Jusuf Kalla Pindahkan Tali Pusat Cucunya ke Indonesia. (WOCPM)

Tali pusat berpotensi dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang mungkin muncul di kemudian hari.

Suara.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) baru saja memindahkan tali pusat milik sang cucu dari bank penyimpanan di luar negeri ke Celltech Stem Cell Laboratory (CSC) yang berada di Vinski Tower, Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Penyimpanan tali pusat ini dilakukan sebagai terapi sel punca yang kini menjadi pilihan masyarakat, karena berpotensi dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang mungkin muncul di kemudian hari.

CSC sendiri merupakan laboratorium riset, pengolahan dan penyimpanan sel punca yang telah memiliki izin operasional dari Kementrian Kesehatan dan satu-satunya laboratorium yang terakreditasi World Council of Preventive, Regenerative and Anti-aging Medicine (WOCPM).

Selain hal tersebut, JK yang juga dipercaya sebagai penasihat WOCPM yakin karena CSC memiliki metode Closed System berbasis digital yang menjamin kualitas sel dari risiko kontaminasi hal yang tidak terduga.

Baca Juga: Ibu Ini Punya Bisnis Nyeleneh, Bikin Perhiasan dari ASI hingga Tali Pusat

Presiden WOCPM, Prof. dr. Deby Vinski, MSc, PhD, menjelaskan jika metode Closed System juga mengurangi terjadinya human error, terlebih lagi CSC menggunakan teknologi Quantum Autologues Stem Cell.

"Teknologi Quantum Autologues Stem Cell adalah sebuah ekspansi sel, di mana sel akan diperbanyak dan dikalikan dalam waktu yang singkat. Hal tersebut sangatlah berbeda dengan cara konvensional," jelas Deby.

Kemudian lanjut dia, sel yang dihasilkan tersebut akan disimpan di Bank Sel yang dimiliki oleh CSC yang nantinya dapat digunakan untuk keperluan medis di masa depan bagi pasien.

Selain memindahkan tali pusat sang cucu, JK juga turut melakukan terapi stem cellnya di CSC, yang pernah ia resmikan pada 2016 lalu.

Melihat semakin berkembangnya terapi preventif dan regeneratif menggunakan sel punca, CSC berkomitmen untuk menjadi pusat tujuan medical tourism dengan memberikan pelayanan dan kualitas terbaik.

Baca Juga: Pakar UI: Terapi Sel Punca Bisa Tingkatkan Ketahanan Hidup Pasien Covid-19

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS