Jangan Dipakai, Pakar Ungkap 5 Bahaya Body Lotion Abal-abal Bersteroid

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Jangan Dipakai, Pakar Ungkap 5 Bahaya Body Lotion Abal-abal Bersteroid
Ilustrasi memakai body lotion. (Shutterstock)

Pakai body lotion bersteroid dalam jangka panjang ngeri banget efek sampingnya dan inget ya, ini permanen lho efeknya.

Suara.com - Pemakaian produk skincare, body lotion adalah perawatan paling dasar yang biasa kita lakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Body lotion memang memiliki begitu banyak manfaat, mulai dari melembutkan, melembapkan, memproteksi, meratakan warna, mengencangkan hingga mencerahkan kulit.

Sayangnya, begitu banyak masyarakat yang mengira, jika body lotion yang baik adalah bisa memutihkan kulit. Anggapan ini pada akhirnya membuat banyak orang tak bertanggung jawab membuat berbagai produk skincare body lotion tak aman alias abal-abal dengan bahan-baham yang membahayakan.

Salah satunya ialah body lotion yang menggunakan stereoid. Pakar Dermatologis dr Richard Lee, MARS, dalam video di kanal YouTube mengungkap, pemakaian steroid jangka panjang bisa menyebabkan menipisnya kulit dan timbulnya stretch mark berat yang tak bisa lagi disembuhkan.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Parah, 6 Benda Ini Ternyata Bisa Memicu Breakout

Nah, sebelum tergiur dengan produk body lotion yang menjanjikan bisa memutihkan kulit dalam sekejap, sebaiknya kenali dulu yuk apa itu steroid dan efek samping apa yang bisa didapat ketika mengenakannya terus menerus, seperti yang dijelaskan dr Richard berikut ini.

dr Richard Lee, MARS membeberkan bahaya body lotion yang mengandung steroid. (YouTube/dr Richard Lee MARS)
dr Richard Lee, MARS membeberkan bahaya body lotion yang mengandung steroid. (YouTube/dr Richard Lee MARS)

Apa itu steroid?
Steroid adalah obat yang sering digunakan oleh dokter sebagai terapi untuk mengatasi berbagai penyakit, mulai peradangan, asma, penyakit autoimun, penyakit kulit, dan sebagainya.

Itulah sebabnya, obat ini memiliki julukan sebagai "obat Dewa". Meski termasuk dalam kategori aman dan dibolehkan, dr Richard mengatakan bahwa steroid memiliki efek samping yang cukup besar, khususnya jika digunakan untuk kulit.

"Selama masih di zona amannya, steroid itu amat sangat berguna sekali dan tidak bisa dilepaskan dalam dunia kedokteran. Tapi kalau sudah di luar zona amannya, steroid itu bahaya banget. Maka itu, boleh dipakai tapi jangan sampai salah guna," tegasnya.

Baca Juga: 12 Tipe Kandungan Acid Skincare, Berikut Fungsinya untuk Perawatan Kulit

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS