Waspada, 2 Kondisi pada Hidung Ini Bisa Jadi Gejala Serius Virus Corona

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Waspada, 2 Kondisi pada Hidung Ini Bisa Jadi Gejala Serius Virus Corona
Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

Hidung meler atau pilek dan tersumbat bisa menjadi dua gejala serius dari infeksi virus corona Covid-19.

Suara.com - Gejala ringan virus corona Covid-19 meliputi sakit dan nyeri, batuk, diare, demam, sakit kepala, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan dan kelelahan. Ketika virus sudah berkembang di dalam tubuh, maka gejalanya akan lebih parah seperti gagal ginjal hingga pneumonia.

Tapi, banyak orang mungkin masih kesulitan membedakan gejala terkait virus corona Covid-19 dengan flu biasa. Seperti hidung meler, nyeri wajah, postnasal drip dan mata gatal adalah gejala umum flu biasa, bukan virus corona Covid-19.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala virus corona Covid-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan dan batuk kering.

Beberapa pasien viru corona Covid-19 mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Virus Corona Bisa Bertahan Lama, Lakukan 4 Langkah Ini untuk Lindungi Diri!

"Dalam sebuah laporan dari China yang melibatkan lebih dari 1.000 pasien, hidung tersumbat hanya terjadi pada satu dari 20 pasien," kata Dr Kristine Arthur, seorang internis di MemorialCare Medical Group dikutip dari Express.

Ilustrasi hidung. (Shutterstock)
Ilustrasi hidung. (Shutterstock)

Pilek

Katrina Herren, kepala petugas klinis di Doctorlink, mengatakan hidung meler termasuk gejala virus corona Covid-19. Tapi, gejala berupa pilek ini hanya terjadi pada sekitar 5 persen orang dengan virus corona Covid-19.

"Tidak ada cara yang bisa membedakan virus corona Covid-19 dan flu biasa. Tapi, Anda kemungkinan menderita flu biasa jika mengalami demam atau betus terus menerus," jelas Katrina Herren.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), pilek bisa menjadi tanda peringatan awal virus corona Covid-19.

Baca Juga: Selain Stres, ini Efek Masa Isolasi Akibat Pandemi Virus Corona Pada Tubuh!

Meskipun pilek sangat umum terjadi, tetapi kondisi itu bisa menjadi tanda yang lebih serius. Pilek lebih mungkin disebabkan oleh virus corona Covid-19 jika disertai dengan gejala umum lainnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS