Virus Corona Bisa Bertahan Lama, Lakukan 4 Langkah Ini untuk Lindungi Diri!

Rauhanda Riyantama | Shevinna Putti Anggraeni
Virus Corona Bisa Bertahan Lama, Lakukan 4 Langkah Ini untuk Lindungi Diri!
Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

Ahli memprediksi pandemi virus corona Covid-19 bisa bertahan lebih lama, sehingga seseorang perlu mengetahui cara melindungi diri.

Suara.com - Pandemi virus corona Covid-19 masih terus berlanjut hingga menjelang musim dingin. Pada waktu ini, semua orang perlu waspada karena pandemi bertepatan dengan flu musiman.

Para ahli pun terus mengingatkan semua orang wajib memakai masker, mencuci tangan teratur dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona Covid-19.

Tapi dilansir dari CNN, Dr. David Aronoff, direktur Divisi Penyakit Menular di Vanderbilt University Medical Cente menyarankan semua orang tetap harus membatasi interaksinya di tempat-tempat dalam ruangan selama pandemi.

Meski begitu, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri di tengah wabah virus corona.

Baca Juga: Selain Stres, ini Efek Masa Isolasi Akibat Pandemi Virus Corona Pada Tubuh!

Ilustrasi menderita flu, pilek dan batuk. (Shutterstock)
Ilustrasi menderita flu, pilek dan batuk. (Shutterstock)

1. Pastikan Anda mendapatkan vaksinasi flu

Pakar kesehatan, termasuk Aronoff, mengatakan vaksin flu sangat penting bagi tubuh di tengah pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini.

Karena, vaksin ini bisa membantu meringankan beban sistem perawatan kesehatan dengan satu penyakit pernapasan yang tidak menular. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan semua orang mendapatkan vaksin pada akhir Oktober 2020.

2. Pastikan tubuh selalu hangat ketika berada di luar

Dr. Leana Wen, seorang dokter ruang gawat darurat dan profesor tamu di Institut Kesehatan Masyarakat Milken Universitas George Washington menyarankan semua orang untuk memakai mantel atau jaket tebal ketika keluar rumah. Langkah ini bisa membantu melindungi diri dari virus corona Covid-19 ketika harus bertatap muka dengan orang lain.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Jangan Lupa Pakai Masker saat di Toilet Umum!

3. Anda tidak harus selalu pakai masker ketika keluar ruangan, rumah atau halaman rumah

Jika Anda berada di luar yang bisa menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain, maka Anda tidak perlu memakai masker.

Misalnya, Anda sedang berjalan-jalan sendiri tanpa ada orang di sekitar atau hanya olahraga di halaman rumah. Maka Anda tidak perlu memakai masker

4. Anda harus pakai masker ketika berada di sekitar orang lain

Tapi, Anda perlu memakai masker setiap kali berpergian keluar rumah, terutama di lingkungan yang ramai dan sulit menjaga jarak sosial. Masker kain bisa membantu mencegah partikel virus corona Covid-19 mengontaminasi orang lain maupun permukaan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS