Bentuknya Mirip Timun, Ketahui Ragam Manfaat Kesehatan Zucchini

Yasinta Rahmawati
Bentuknya Mirip Timun, Ketahui Ragam Manfaat Kesehatan Zucchini
Ilustrasi zucchini. (Pixabay)

Zucchini punya banyak manfaat, salah satunya melancarkan pencernaan.

Suara.com - Anda mungkin sudah tidak asing dengan zucchini, sejenis labu yang masih satu keluarga dengan melon dan timun serta sering dimasukkan dalam menu makanan sehat seperti salad.

Meski kerap dianggap sebagai sayuran, zucchini sebenarnya tergolong sebagai buah. Berbentuk mirip timun, zucchini dapat dimakan mentah maupun matang.

Zucchini sendiri tergolong rendah kalori. Satu cangkir irisan zucchini mengandung sekitar 19 kalori. Itu 40 hingga 50% lebih rendah dari ukuran porsi yang sama untuk sayuran hijau rendah kalori lainnya seperti brokoli dan kubis Brussel.

Selain cocok untuk makanan diet karena rendah kalori, ketahui beragam manfaat kesehatan zucchini berikut, dirangkum dari Boldsky.

Baca Juga: Bikin Aroma Makanan Sedap, Ternyata Ini Manfaat Kesehatan Daun Pandan

1. Membantu melancarkan pencernaan

Zucchini kaya akan serat yang membantu meringankan semua masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gas perut. Ini juga membantu menjaga kesehatan usus yang baik.

2. Memperlambat penuaan

Antioksidan memiliki sifat antipenuaan kuat yang melindungi kulit dari stres oksidatif dan memperlambat penuaan dini. Zucchini dikemas dengan antioksidan seperti beta-karoten yang memperkuat membran sel dan melawan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Ilustrasi zucchini. (Pixabay)
Ilustrasi zucchini. (Pixabay)

3. Menurunkan kadar kolesterol

Baca Juga: Sedang Digandrungi, Cek 6 Manfaat Kesehatan Teh Kombucha

Zucchini adalah makanan kaya serat dan rendah kalori. Serat yang tinggi pada sayuran ini menurunkan penumpukan kolesterol jahat di arteri dan mencegah risiko penyakit seperti jantung koroner dan stroke

Komentar