alexametrics

Ahli: Vaksin Virus Corona Oxford Bisa Mendorong Kekebalan Tubuh Lansia

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ahli: Vaksin Virus Corona Oxford Bisa Mendorong Kekebalan Tubuh Lansia
Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)

Hasil uji coba terbaru mengungkapkan vaksin Covid-19 Oxford bisa membantu mendorong respons kekebalan tubuh lansia.

Suara.com - Sebuah penelitian menemukan vaksin virus corona Oxford menghasilkan respons kekebalan tubuh yang kuat pada peserta lansia.

Para ahli mengatakan informasi dari tahap awal percobaan vaksin menunjukkan respons kekebalan yang serupa di antara orang dewasa lebih mudah dan lebih tua.

Hal tersebut menimbulkan harapan baru bahwa calon vaksin Universitas Oxford dan AstraZeneca akan melindungi seluruh lapisan masyarakat dari virus corona Covid-19.

Data mengenai keamanan dan respons kekebalan vaksin pada uji coba fase dua telah diserahkan untuk tinjauan sejawat di jurnal medis.

Baca Juga: Penularan Virus Corona Bisa Lewat Mata, Begini Gejalanya!

Tapi, temuan itu telah dibahas sebelum dipublikasikan, memicu lebih banyak kebahagiaan dan dianggap salah satu contoh terbaik vaksin virus corona Covid-19.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Saat ini vaksin sedang dalam uji klinis fase tiga, yang berarti tingkat keamanan dan efektivitas vaksin sedang diuji oleh ribuan peserta di sejumlah negara.

Para ahli telah memperkirakan bahwa data dari uji coba bisa diberikan pada regulator dalam beberapa minggu. Hal itu terjadi ketika Menteri Kesehatan Inggris mengatakan sebagian besar peluncuran vaksin virus corona bisa terjadi sebelum musim panas mendatang.

Sementara itu, Universitas Oxford menyatakan Profesor Andrew Pollard telah membahas temuan awal uji coba keamanan dan imunogenisitas tahap II dari vaksin virus corona Oxford ChAdOx1 nCov-2019 pada konferensi penelitian.

Hasil awal uji coba yang melibatkan peserta kelompok usia 56-69 tahun dan 70 tahun ke atas telah dikirimkan ke jurnal tinjauan sejawat. Pihaknya pun berharap bisa melihat hasil publikasinya dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: Benarkah Radang Lidah Tanda Infeksi Virus Corona? Ini Penjelasannya!

"Uji coba vaksin kami yang sedang berlangsung akan memberikan data lebih lanjut. Tapi, publikasi ini sangat penting untuk meyakinkan kami bahwa vaksin itu aman digunakan dan bisa mendorong respons kekebalan pada semua kelompok orang dewasa," jelas Universitas Oxford dikutip dari The Sun.

Komentar