Tingkatkan Gairah Seksual, Konsumsi Kacang Ini Setiap Hari

Rima Sekarani Imamun Nissa, Shevinna Putti Anggraeni

Senin, 02 November 2020 | 20:40 WIB
Tingkatkan Gairah Seksual, Konsumsi Kacang Ini Setiap Hari
Ilustrasi berhubungan seks, bercinta, masalah seksual (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)

Suara.com - Beberapa pasangan mungkin memiliki masalah hilangnya gairah seksual atau dorongan seks. Tapi, konsumsi makanan tertentu dipercaya bisa membantu meningkatkan libido seseorang.

Makanan yang membantu meningkatkan libido ini dikenal sebagai afrodisiak. Kacang tertentu yang mengandung banyak mineral zinc dianggap bisa membantu meningkatkan libido.

Mineral zinc bisa membantu mengatur kadar testosteron atau hormon seks pria. Misalnya kacang pinus, yang mengandung seng tingkat tinggi dan bisa meningkatkan libido.

Harvard Medical School menegaskan bahwa testosteron bertanggung jawab atas dorongan seks seseorang, baik pada perempuan maupun pria.

"Tapi seiring bertambahnya usia pria, kadar testosteron turun bertahap, sekitar satu hingga dua persen setiap tahunnya," kata Harvard Medical School, dikutip dari Express.

Ilustrasi berhubungan seks (Unsplash/Becca Tapert)
Ilustrasi berhubungan seks (Unsplash/Becca Tapert)

Gejala defisiensi testosteron pada pria dewasa termasuk tingkat libido yang rendah dan impotensi atau ketidakmampuan mencapai ereksi.

Bagi wanita, kadar testosteron yang rendah bisa menyebabkan penurunan libido, konsentrasi buruk atau depresi.

"Kacang pinus mengandung sekitar 6,5 gram seng per 3 ons. Anda bisa menambahkan kacang pinus di atas salad, memanggangnya atau mengonsumsinya biasa dalam shearu-hari," kata ahli diet, Maggie Michalczyk.

Departemen Penyakit Dalam di Sekolah Kedokteran Universitas Wayne State, Michigan, juga telah mempelajari hubungan antara seng dan kadar testosteron pada pria.

baca juga

Penelitian terhadap 40 pria sehat usia 20 hingga 80 tahun berlangsung dengan mengukur kadar testosteronnya sebelum dan sesudah mendapatkan asupan mineral zinc yang diinduksi.

Selama percobaan 5 bulan, para peneliti membatasi asupan seng dalam makanan mereka. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa diet zinc pada pria mudah dan sehat berkaitan dengan penurunan kadar testosteron setelah 20 minggu.

Selain itu, 9 pria lanjut usia yang rata-rata berusia 54 tahun mengalami kekurangan zinc pada awal percobaan. Pria dalam kategori ini sempat diberi suplemen seng 458 umol/d setiap hari selama 6 bulan.

Suplementasi seng atau zinc itu menghasilkan peningkatan kadar testosteron hampir 2 kali lipat di antara pria lanjut usia. Beberapa pria mengalami peningkatan testosteron dari 8,3 menjadi 16 dalam 6 bulan suplementasi.

Dengan demikian, para penelii menyimpulkan bahwa seng mungkin memainkan peran penting dalam memodulasi kadar testosteron. Makanan lain yang mengandung seng tinggi termasuk kepiting dan lobster.

Selain konsumsi makanan tinggi seng, menjaga kebugaran fisik dengan olahraga, tetap terhidrasi dan mengelola stres bisa membantu meningkatkan libido.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Dokter Kulit: Makan Kacang Tidak Sebabkan Jerawat Tambah Banyak

Dokter Kulit: Makan Kacang Tidak Sebabkan Jerawat Tambah Banyak

Health | Senin, 02 November 2020 | 14:39 WIB

Tak Selalu Enak, Ini 5 Ketakutan Paling Umum Soal Seks, Kamu yang Mana?

Tak Selalu Enak, Ini 5 Ketakutan Paling Umum Soal Seks, Kamu yang Mana?

Lifestyle | Jum'at, 30 Oktober 2020 | 20:55 WIB

Jebolan KDI Nassar Ungkap Sesasi Hubungan Seks dengan Nenek-nenek 78 Tahun

Jebolan KDI Nassar Ungkap Sesasi Hubungan Seks dengan Nenek-nenek 78 Tahun

Kalbar | Rabu, 28 Oktober 2020 | 17:00 WIB

Terkini

Arkeologi Italia Geger! Bangkai Kapal Romawi Kuno Ditemukan di Lepas Pantai Sisilia

Arkeologi Italia Geger! Bangkai Kapal Romawi Kuno Ditemukan di Lepas Pantai Sisilia

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 06:05 WIB

Kebakaran Empat Lawang, 20 Rumah Terdampak dan Kerugian Tembus Rp5,2 Miliar

Kebakaran Empat Lawang, 20 Rumah Terdampak dan Kerugian Tembus Rp5,2 Miliar

Sumsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 23:52 WIB

3 Pelaku Begal Polisi di Palembang Ternyata Ayah, Anak dan Seorang Perempuan

3 Pelaku Begal Polisi di Palembang Ternyata Ayah, Anak dan Seorang Perempuan

Sumsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 23:31 WIB

Jadi Ojek Pangkalan, Polisi di Palembang Ditusuk 4 Kali dan Motornya Dibawa Kabur Begal

Jadi Ojek Pangkalan, Polisi di Palembang Ditusuk 4 Kali dan Motornya Dibawa Kabur Begal

Sumsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 23:07 WIB

Kemiskinan Sumsel Turun, Garis Kemiskinan Naik 3,15 Persen Jadi Rp628 Ribu Per Bulan

Kemiskinan Sumsel Turun, Garis Kemiskinan Naik 3,15 Persen Jadi Rp628 Ribu Per Bulan

Sumsel | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:59 WIB

Kasus Iklan BJB, Ada Dugaan Aliran Dana ke Lisa Mariana Lewat Pihak Nominee

Kasus Iklan BJB, Ada Dugaan Aliran Dana ke Lisa Mariana Lewat Pihak Nominee

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:22 WIB

KPK Tahan Bos-Bos Iklan Bank BJB, Dirut Yuddy Renaldi Mendadak Sakit Saat Akan Dibui

KPK Tahan Bos-Bos Iklan Bank BJB, Dirut Yuddy Renaldi Mendadak Sakit Saat Akan Dibui

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:10 WIB

BRI Beri Diskon Spesial Seminar Johnny Andrean Lewat Aplikasi BRImo

BRI Beri Diskon Spesial Seminar Johnny Andrean Lewat Aplikasi BRImo

Bri | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:07 WIB

Menuju IFRC 2026, ERT NHM Perdalam Teknik dan Strategi Penyelamatan

Menuju IFRC 2026, ERT NHM Perdalam Teknik dan Strategi Penyelamatan

Jakarta | Senin, 10 Agustus 2026 | 22:07 WIB

Gelar Dicopot! Profil Menantu Sultan Brunei yang Bikin Penasaran Publik, Ternyata Ini Kasusnya

Gelar Dicopot! Profil Menantu Sultan Brunei yang Bikin Penasaran Publik, Ternyata Ini Kasusnya

News | Senin, 10 Agustus 2026 | 21:53 WIB

×