alexametrics

Jaga Kesehatan Mental Anak selama Sekolah di Rumah, Simak 4 Tips Ini

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Jaga Kesehatan Mental Anak selama Sekolah di Rumah, Simak 4 Tips Ini
Ilustrasi anak belajar di rumah (shutterstock)

Menjaga kesehatan mental anak sama pentingnya dengan kesehatan fisik, coba dengan berbagai cara Ini.

Suara.com - Saat sekolah di rumah, anak-anak terbebani dengan beban akademis serta kesulitan untuk bersosialisai dengan teman sebayanya sehingga berefek pada kesehatan mental.

Melansir dari Insider, Emma Seppälä seorang peneliti di Yale's Center for Emotional Intelligence menjelaskan bahwa tingkat stres yang lebih tinggi dapat menyebabkan masalah fokus, kreativitas menurun, sulit mengambil keputusan, dan prestasi akademik menurun.

Untuk mengatasi persoalan mental anak, Amanda Fialk yang merupakan Mitra dan Kepala Layanan Klinis menyarankan empat teknik menghilangkan stres pada anak di usia sekolah, antara lain:

1. Olahraga

Baca Juga: Hadapi Kekerasan Seksual pada Anak dengan Kesiagaan Mental

Berolahraga seperti naik sepeda merupakan salah satu bentuk olahraga yang dapat dilakukan anak untuk menghilangkan stres dan tetap fokus di sekolah.

Olahraga terbukti dan direkomendasikan untuk meredakan stres karena mengurangi kadar hormon stres kortisol dan melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat Anda nyaman serta relaks.

Menurut sebuah studi pada tahun 2006 menunjukkan bahwa siswa yang aktif secara fisik memiliki kemungkinan 20 persen lebih tinggi untuk mendapatkan nilai A dalam Matematika atau Bahasa Inggris.

Ilustrasi makanan bergizi. (Shutterstocks)
Ilustrasi makanan bergizi. (Shutterstocks)

2. Meditasi

Meditasi bagus untuk anak baik ketika stres atau tidak. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berlatih meditasi baik untuk wilayah otak yang berhubungan dengan pengambilan keputusan, perilaku sosial, dan fokus.

Baca Juga: Sering Muncul Pemikiran yang Tak Diinginkan? Coba Kurangi dengan Tidur

Para peneliti telah menemukan bahwa meditasi dapat mempertajam fokus, memori, dan kemampuan belajar.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran segar sarat dengan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan mental maupun fisik.

4. Pergi ke Alam Bebas

Menghabiskan waktu di alam bebas memiliki banyak manfaat pada kesehatan mental. Sebuah studi tahun 2020 oleh Cornell University menyimpulkan bahwa menghabiskan sedikitnya 10 menit di luar ruangan menyebabkan rasa bahagia.

Siswa yang menghabiskan sebanyak 50 menit di luar ruangan juga menunjukkan penurunan tekanan darah dan detak jantung.

Komentar