alexametrics

Orang Sehat atau Sakit yang Harus Pakai Masker? Ini Jawabannya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Orang Sehat atau Sakit yang Harus Pakai Masker? Ini Jawabannya!
Ilustrasi masker dengan ventilasi atau katup. (Pexels/Edmond Dantes)

Banyak orang mungkin masih kebingungan menentukan aturan pemakaian masker lebih baik bagi orang yang sehat atau sakit.

Suara.com - Semua orang perlu menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) selama pandemi virus corona Covid-19, baik yang sehat maupun sakit.

Khususnya pemakaian masker, semua orang telah diwajibkan menggunakannya setiap keluar rumah. Penggunaan masker ini bertujuan melindungi diri sendiri maupun orang lain.

Karena, masker bisa mencegah masuknya droplet yang keluar ketika seseorang batuk, bersin atau berbicara agar kita tidak tertular.

Masker juga berfungsi menahan droplet yang keluar ketika kita batuk, bersin atau berbicara dengan orang lain. Sehingga kita bisa meminimalisir atau tidak akan menularkan virus ke orang lain.

Baca Juga: Ada 3 Jenis Masker untuk Cegah Virus Corona, Ini Fungsinya Masing-Masing!

Tapi, banyak orang mungkin masih kebingungan menentukan kelompok mana yang lebih wajib memakai masker. Apakah kelompok orang sehat atau orang sakit?

risiko penularan virus corona ketika pakai masker dan tidak
risiko penularan virus corona ketika pakai masker dan tidak

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Indonesia pun memberikan gambaran tingkat risiko penularan virus corona Covid-19 bila salah satu atau kedua kelompok memakai masker.

  1. Jika orang sehat dan orang yang sedang sakit sama-sama tidak memakai masker, maka risiko penularan virus corona Covid-19 mencapai 100 persen.
  2. Jika orang yang sehat memakai masker, tetapi orang yang sedang sakit tidak memakai masker. Maka risiko penularan virus corona Covid-19 bisa menurun 70 persen.
  3. Jika orang yang sakit memakai masker dan orang yang sehat tidak memakainya. Maka risiko penularan virus corona Covid-19 hanya 5 persen.
  4. Jika orang yang sakit maupun sehat sama-sama memakai masker, maka risiko penularan virus corona Covid-19 hanya 1,5 persen.

Artinya, semua orang perlu memakai masker untuk mencegah penularan virus corona Covid-19, baik yang sehat maupun sakit.

Cara ini juga membantu melindungi penularan virus corona Covid-19 dari orang tanpa gejala. Adapun masker yang bisa digunakan, yakni masker bedah, masker N95 atau masker kain.

Baca Juga: Jangan Salah Tahapan, Ini Cara Memakai dan Membuang Masker Bedah

Komentar