alexametrics

Tergolong Ringan, Simak Tiga Efek Samping Vaksin Covid-19 Moderna

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Tergolong Ringan, Simak Tiga Efek Samping Vaksin Covid-19 Moderna
Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]

Setidaknya ada tiga efek samping pada vaksin potensial Moderna.

Suara.com - Vaksin Moderna menjadi salah satu yang paling potensial untuk melawan virus corona Covid-19. Efektivitas vaksin ini dilaporkan mencapai 94,5 persen.

Meski dilaporkan efektif, tidak ada vaksin yang sepenuhnya bebas dari efek samping begitupun dengan Moderna. Melansir dari Times of India, berikut beberapa efek samping ringan dari vaksin Moderna, antara lain:

1. Demam Ringan

Salah satu efek samping pasca vaksinasi Moderna adalah demam ringan. Namun, efek samping ringan ini bukanlah pertanda yang mengkhawatirkan. Demam sendiri terjadi ketika senyawa biokimia mengaktifkan sel kekebalan di mana membuat penanda inflamasi tertentu meningkat dan menyebabkan demam, kemerahan atau pembengkakan.

Baca Juga: Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kaltim Kamis Kemarin Kembali Berlanjut

Sebagian besar demam akan hilang dengan sendirinya setelah 2 hingga 3 hari pasca suntik dan tidak memerlukan perawatan khusus. Demam juga bisa menjadi indikator tubuh Anda mulai memproduksi antibodi.

2. Tangan Pegal dan Nyeri

Banyak sukarelawan mengalami nyeri di lengan, tempat vaksin disuntikkan. Efek ini juga merupakan reaksi yang cenderung umum dan biasa terjadi pada penyuntikkan vaksin.

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)

Nyeri lengan pasca vaksinasi biasanya disebabkan oleh nyeri otot yang merupakan respons alami tubuh terhadap serangan benda asing. Kondisi ini umumnya akan hilang setelah satu atau dua hari.

3. Kelelahan

Baca Juga: Jalani Tes Cepat, Enam Anggota DPRD Sanggau Reaktif COVID-19

Partisipan dalam penelitian Moderna juga mengatakan bahwa mereka merasa sedikit lelah dan mengalami kelelahan pasca suntikan. Kelelahan juga merupakan reaksi yang mungkin terjadi akibat virus mati memasuki tubuh dan kemudian menghasilkan respons inflamasi serta antibodi.

Komentar