alexametrics

Wanita Juga Bisa Alami Disfungsi Seksual, Ini Penyebabnya!

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Wanita Juga Bisa Alami Disfungsi Seksual, Ini Penyebabnya!
Hubungan Seksual Saat Hamil. (Elements Envato)

Disfungsi seksual yang biasanya dialami pria juga bisa menyerang wanita, bahkan lebih banyak yang berisiko mengalaminya.

Suara.com - Disfungsi seksual adalah masalah seksual yang berulang seperti kurangnya hasrat seksual, orgasme atau rasa sakit saat berhubungan seks. Kondisi ini tidak hanya dialami pria, tetapi juga wanita.

Masalah-masalah ini bisa terjadi selama fase siklus respons seksual, yaitu urutan perubahan emosional dan fisik yang ditermui seseorang saat terangsang.

Kondisi ini membatasi pasangan untuk mengalami kepuasan maksimal ketika berhubungan seks. Padahal itu sesuatu yang seharusnya mereka nikmati secara berbeda.

Semua wanita bisa mengalami disfungsi seksual ini pada usia berapa pun selama hidupnya. Disfungsi seksual ini juga bisa terjadi akibat interaksi psikologis, emosi, pengalaman, gaya hidup dan hubungan yang kompleks. Bahkan kepercayaan diri juga bisa berkontribusi besar dalam masalah seksual ini.

Baca Juga: Vaksinasi Virus Corona untuk Cerpelai, Adakah Manfaatnya?

Sayangnya, banyak orang enggan mengonsultasikan masalah ini karena dianggap memalukan. Penelitian pun menemukan bahwa sekitar 43 persen wanita menghadapi disfungsi seksual dan 31 persen pria hanya melaporkan beberapa tingkat kesulitan.

Ilustrasi berhubungan seks, bercinta, masalah seksual (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)
Ilustrasi berhubungan seks, bercinta, masalah seksual (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)

Masalah disfungsi seksual ini biasanya muncul ketika hormon tubuh tidak berfungsi, yaitu saat mengandung bayi atau menopause. Namun dilansir dari Times of India, faktor-faktor berikut memiliki efek yang lebih besar pada disfungsi seksual.

1. Penyebab fisik

Penyakit serius, seperti kanker, diabetes, gagal ginjal, masalah kandung kemih dan jantung bisa menyebabkan disfungsi seksual.

Obat yang terdiri dari beberapa antidepresan, obat tekanan darah, antihistamin dan obat kemoterapi bisa menurunkan hasrat seksual dan kemampuan tubuh mengalami orgasme.

Baca Juga: Kelelahan Penguncian Sebabkan Peningkatan Kasus Virus Corona, Kok Bisa?

2. Penyebab hormonal

Komentar