Menyehatkan, Simak 5 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara

Rima Sekarani Imamun Nissa, Fita Nofiana

Sabtu, 28 November 2020 | 10:48 WIB
Menyehatkan, Simak 5 Makanan untuk Mencegah Kanker Payudara
Ilustrasi sayuran brokoli. [Shutterstock]

Suara.com - Kanker payudara menjadi salah satu jenis kanker yang banyak menginfeksi orang, bukan hanya perempuan bahkan juga laki-laki. Menurut data Globacan, pada tahun 2018 saja ada 18,1 kasus baru kanker payudara di seluruh dunia.

Melansir dari Healthshots, sebuah studi yang diterbitkan dalam American Society of Clinical Oncology menunjukkan bahwa kebiasaan makan dan olahraga dapat mencegah 25 hingga 30 persen risiko kanker payudara.

Oleh karena itu, berikut lima makanan yang baik untuk mencegah kanker payudara, antara lain:

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa kimia yang memberi kuning cerah di mana diklaim dapat membantu melawan tumor kanker payudara.

Hal ini disebabkan karena kurkumin memiliki sifat anti-peradangan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)
Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)

2. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral seperti folat dan vitamin K. Sayuran silangan ini juga mengandung fitonutrien yang dipercaya dapat menurunkan peradangan dan mengurangi risiko kanker.

3. Apel

baca juga

Apel memiliki kandungan antioksidan, serat, dan senyawa lain yang dikenal dapat melindungi dari kanker payudara.

4. Delima

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity pada 2015 menunjukkan bahwa buah delima mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah pertumbuhan kanker yang bergantung pada estrogen.

Selain kanker payudara, delima juga dikenal melindungi jantung  dan menurunkan risiko kanker prostat.

Ilustrasi buah delima

5. Ikan

Varietas ikan seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna semuanya kaya omega 3 yang baik untuk kesehatan payudara.

Dalam hal menjaga kesehatan kanker payudara, Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah atau daging olahan.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

5 Makanan yang Bisa Memperburuk Gangguan Kecemasan

5 Makanan yang Bisa Memperburuk Gangguan Kecemasan

Kalbar | Kamis, 26 November 2020 | 15:55 WIB

Waspada, 5 Makanan Ini Bisa Memperburuk Gangguan Kecemasan

Waspada, 5 Makanan Ini Bisa Memperburuk Gangguan Kecemasan

Health | Kamis, 26 November 2020 | 14:30 WIB

Kenali Fungsi Tiap Vitamin dan Makanan yang Penting Bagi Tubuh

Kenali Fungsi Tiap Vitamin dan Makanan yang Penting Bagi Tubuh

Your Say | Rabu, 25 November 2020 | 16:38 WIB

Terkini

Parigi Moutong Diguncang Gempa M 6,2 Tengah Malam, BMKG Minta Warga Waspada

Parigi Moutong Diguncang Gempa M 6,2 Tengah Malam, BMKG Minta Warga Waspada

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 02:04 WIB

Pengibaran Bendera Bulan Bintang Picu Bentrok di Masjid Raya Baiturrahman

Pengibaran Bendera Bulan Bintang Picu Bentrok di Masjid Raya Baiturrahman

Sumut | Minggu, 16 Agustus 2026 | 01:59 WIB

Air Laut Surut Lalu Masuk Permukiman, Warga Pasimarannu Panik Mengungsi Mandiri

Air Laut Surut Lalu Masuk Permukiman, Warga Pasimarannu Panik Mengungsi Mandiri

Sulsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 01:54 WIB

Soroti Manuver Politik di Kasus Eks Jampidsus, Sejumlah Akademisi Minta Prabowo Turun Tangan

Soroti Manuver Politik di Kasus Eks Jampidsus, Sejumlah Akademisi Minta Prabowo Turun Tangan

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:20 WIB

Dua Pidato di DPR Tunjukkan Arah Ekonomi Prabowo Semakin Jelas

Dua Pidato di DPR Tunjukkan Arah Ekonomi Prabowo Semakin Jelas

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:15 WIB

Gempa NTT, Selly Gantina Minta Pemerintah Segera Tembus Daerah Berdampak

Gempa NTT, Selly Gantina Minta Pemerintah Segera Tembus Daerah Berdampak

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:15 WIB

PTBA Kembali Hadirkan BIDIKSIBA, Buka Jalan Generasi Muda Menuju Pendidikan Tinggi

PTBA Kembali Hadirkan BIDIKSIBA, Buka Jalan Generasi Muda Menuju Pendidikan Tinggi

Sumsel | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:14 WIB

Spot 17-an Kekinian di Blok M: Dari Secret Gig sampai Tantangan Senyum!

Spot 17-an Kekinian di Blok M: Dari Secret Gig sampai Tantangan Senyum!

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:07 WIB

Beras Fortifikasi Jadi Pelarian Produsen Akibat Melonjaknya Harga Gabah

Beras Fortifikasi Jadi Pelarian Produsen Akibat Melonjaknya Harga Gabah

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:00 WIB

Hendardi Singgung Manuver Hukum Eks Jampidsus, Dinilai Kelabui Publik Soal Substansi Perkara

Hendardi Singgung Manuver Hukum Eks Jampidsus, Dinilai Kelabui Publik Soal Substansi Perkara

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 22:59 WIB

×