alexametrics

Belanja atau Makan di Restoran, Amankah Dilakukan selama Pandemi Covid-19?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Belanja atau Makan di Restoran, Amankah Dilakukan selama Pandemi Covid-19?
Ilustrasi makan di restoran saat new normal. (Shutterstock)

Baik berbelanja atau makan di restoran sama-sama memiliki risiko, begini cara amannya.

Suara.com - Sudah setahun sejak mewabah di Wuhan, orang-orang mulai membiasakan diri untuk hidup berdampingan dengan virus corona Covid-19. Perlahan tapi pasti, orang-orang mulai melakukan kegiatan di luar rumah seperti makan di restoran atau berbelanja di mall meskipun masih meninggalkan risiko.

Melansir dari Times of India, berbelanja maupun ke resotan memang masih berisiko. Meski begitu, infeksi bisa dihindari asal tetap melakukan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak hingga mencuci tangan.

Jika Anda dapat mengikuti beberapa protokol kesehatan tersebut, risiko terkena virus dapat dianggap rendah.

Seberapa aman untuk mengunjungi tempat tertentu sebenarnya tergantung pada waktu, lingkungan sekitar, dan keramaian. Saat memilih restoran, coba cari yang memiliki penataan tempat duduk di luar ruangan. Sebab di ruang terbuka, risiko infeksi lebih kecil dari pada di ruangan tertutup.

Baca Juga: Dokter Reisa: Vaksin Upaya Pencegahan, Diberikan Saat Kita Sehat

Pastikan jarak di antara meja setidaknya enam kaki atau dua meter. Periksa juga kebersihan dan kepatuhan restoran dalam menerapkan pedoman kesehatan.

Ilustrasi belanja bahan makanan. (Pexels)
Ilustrasi belanja bahan makanan. (Pexels)

Sementara saat pergi berbelanja, Times of India menyarankan agar menghindari jam sibuk dan akhir pekan. Pada waktu-waktu tersebut, tempat belanja bisa cukup ramai dan akan meningkatkan risiko.

Tempat berbelanja biasanya ada di dalam ruang tertutup, ventilasi buruk, dan cenderung sulit menjaga jarak dengan orang lain. Dengan begitu, mengunjungi tempat belanja pada hari kerja adalah pilihan yang jauh lebih baik. 

Pastikan Anda memakai masker dan membawa gel pembersih tangan, serta segera membersihkan diri saat sampai di rumah. 

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Peserta Liga 1 dan Liga 2 Ditanggung LIB

Komentar