alexametrics

Penyebab Menstruasi Datang Lebih Awal, dari Stres hingga Menderita PCOS

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Penyebab Menstruasi Datang Lebih Awal, dari Stres hingga Menderita PCOS
Ilustrasi menstruasi (Foto: shutterstock)

Menstruasi yang datang lebih awal juga bisa sama mengkhawatirkannya.

Suara.com - Banyak perempuan yang lebih khawatir ketika periode menstruasi mereka datang lebih lambat atau sama sekali tidak mengalaminya.

Padahal, menstruasi yang datang lebih awal juga bisa sama mengkhawatirkan. Ada beberapa penyebabnya, mulai dari stres hingga masalah kesehatan seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Melansir Insider, berikut 5 alasan manstruasi datang lebih cepat:

1. Stres

Baca Juga: Nyeri Haid Setiap Bulan, Benarkah Pertanda Ada Kista?

Aileen Gariepy, MD, MPH, seorang obgyn di Yale Medicine dan profesor di Yale School of Medicine, menjelaskan bahwa stres dapat mengganggu waktu ovulasi, yang dapat menyebabkan menstruasi terjadi lebih awal atau terlambat.

2. Berat badan turun atau bertambah

Alla Vash-Margita, MD, obgyn di Yale Medicine dan asisten profesor di Yale School of Medicine, mengatakan apabila seorang mengalami fluktuasi berat badan secara drastis, maka dapat mengubah produksi hormon. Hal ini dapat mengubah jadwal menstruasi menjadi lebih awal.

Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)
Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)

3. Pubertas

Vash-Margita mengungkapkan pubertas merupakan masa transisi alami masa kanak-kanak hingga dewasa. Ada perubahan hormon saat masa ini, termasuk peningkatan produksi hormon seks wanita yang disebut estradiol.

Baca Juga: Sering Nyeri Haid Pertanda Ada Kista, Mitos atau Fakta?

"Saat seseorang mengalami masa pubertas, menstruasi mereka mungkin tidak teratur, yang dapat menyebabkan menstruasi lebih awal atau terlambat," jelasnya.

Komentar