alexametrics

Ketimbang Hubungan Intim, Detail Momen Ciuman Pertama Lebih Sulit Dilupakan

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Ketimbang Hubungan Intim, Detail Momen Ciuman Pertama Lebih Sulit Dilupakan
Ilustrasi lelaki dan perempuan berciuman. (Shutterstock)

Kadar mengingat detail ciuman jauh lebih tinggi dalam momen ciuman pertama daripada seks pertama.

Suara.com - Psikolog melaporkan bahwa kebanyakan orang dapat mengingat detail ciuman pertama mereka hingga 90% daripada ingatan tentang hubungan seksual.

"Bibir adalah jaringan yang sangat sensitif, dengan banyak ujung saraf yang menandakan reaksi seperti panas dan dingin, tajam dan lembut," jelas LeslieBeth Wish, psikolog dan pekerja sosial klinis berlisensi di Sarasota, Florida.

Wish menambahkan bahwa ujung saraf ini juga mengaktifkan perasaan dekat dan keterikatan pasangan dengan membangkitkan bahan kimia 'cinta' di otak, seperti oksitosin.

"Meskipun seks menjadi hal yang kasual akhir-akhir ini, ciuman masih merupakan kegiatan yang serius. Ciuman adalah penghubung yang sangat kuat sehingga momen sentuhan pertama dapat membuatmu kewalahan dengan kesenangan," sambungnya, dilansir ABC News.

Baca Juga: Lamaran Romantis Berujung Tragis, Pasangan Ini Malah Jatuh dari Tebing

Tidak hanya membuat pasangan lebih dekat, ciuman juga dapat menyebabkan hubungan berakhir.

Ilustrasi ciuman (Shutterstock)

Penulis The Science of Kissing: What Our Lips Are Telling Us, Sheril Kirshenbaum, memperkirakan sekitar 59% pria dan 66% wanita mengakhiri hubungan mereka karena ciuman pertama yang buruk.

"Begitu banyak informasi yang ditukarkan saat berciuman. Satu ciuman dan semuanya (perasaan) bisa hilang sama sekali," ujar Kirshenbaum.

Psikolog Virginia yang berada di fakultas Human Sexuality Institute di Washington, DC, Geoffrey Michaelson, mengatakan ciuman itu penting untuk sebuah hubungan.

"Dalam percintaan, ciuman membawa pasangan ke arah keintiman emosional. Kita berhadapan dengan pasangan, menatap mata mereka, atau menutup mata saat 'menjangkau lebih dalam' untuk menjadi bagian dari sesuatu yang lebih," tandas Michaelson.

Baca Juga: Lamaran Berujung Tragis, Pasangan Ini Jatuh dari Tebing Setinggi 200 Meter

Komentar