alexametrics

Yuk Bantu Ibu Hamil Terhindar dari Covid-19, Begini Lho Caranya!

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Yuk Bantu Ibu Hamil Terhindar dari Covid-19, Begini Lho Caranya!
Sebagai ilustrasi: Yuk Bantu Ibu Hamil Terhindar dari Covid-19, Begini Lho Caranya! [shutterstock]

Apakah terinfeksi Covid-19 saat hamil bisa berbahaya bagi ibu atau janin yang dikandung?

Suara.com - Istri penyanyi Fiersa Besari terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Diketahui sebelumnya, Aqia Nur Fadla sedang hamil dan terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumah.

Publik pun dibuat bertanya-tanya, apakah terinfeksi Covid-19 saat hamil bisa berbahaya bagi ibu atau janin yang dikandung?

Dikatakan Ketua Ketua Perhimpunan Obstetri dan Ginekolog Indonesia (POGI) dr. Ari Kusuma Januarto SpOG(K), kebanyakan ibu hamil yang positif Covid-19 terinfeksi tanpa gejala.

Ia pun meminta anggota keluarga untuk melindungi ibu hamil agar tidak terinfeksi penyakit berbahaya tersebut.

Baca Juga: Gubernur Isran Noor Minta Warga Kaltim Waspada Penyebaran Covid-19

"Caranya (ingatkan ibu hamil) untuk tidak keluar rumah serta harus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin dan ketat," ujar dr. Ari berdasarkan siaran pers Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Sabtu (2/1/2021).

Ia melanjutkan, tidak keluar rumah dan patuh menerapkan protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan juga berguna untuk melindungi diri sendiri, bayi yang sedang di kandung, atau bayi yang baru lahir.

"Meski belum ada penelitian bahwa Covid-19 dapat menular pada janin dalam kandungan, namun ketika seorang ibu hamil sudah terkonfirmasi positif, maka bayi yang baru dilahirkan dapat berpotensi tertular juga karena kontak fisik," jelasnya.

Dokter Ari menambahkan ibu hamil masuk kelompok rentan terinfeksi Covid-19 karena memiliki sistem kekebalan tubuh lebih lemah dibanding orang pada umumnya.

Sehingga, lanjutnya, tetap diam di rumah dan tidak banyak keluar rumah serta tidak bertemu banyak orang menjadi solusi terbaik agar ibu terhindar dari infeksi Covid-19.

Baca Juga: Enam Personel BPBD Kabupaten Kediri Positif Covid-19

"Ibu hamil memiliki imun yang lebih rendah selama masa kehamilan sehingga sangat rawan tertular atau terpapar virus serta diharap mengikuti protokol testing sesuai di fasilitas kesehatan dan mengikuti anjuran dokter atau bidan menangani," tambah Ari.

Komentar