alexametrics

Awas! Hand Sanitizer Bisa Berbahaya Bagi Mata Anak

Bimo Aria Fundrika
Awas! Hand Sanitizer Bisa Berbahaya Bagi Mata Anak
Hand sanitizer (Pixabay/sweetlouise)

Penggunaan hand sanitizer alkohol yang berlebihan di tengah pandemi telah menimbulkan masalah serius pada cedera mata di kalangan anak-anak.

Suara.com - Menggunakan hand sanitizer selama ini dipercaya mampu mencegah penularan virus corona. Tapi, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa hand sanitizer, yang merupakan salah satu alat paling penting untuk mencegah Covid-19, dikatakan dapat membahayakan dan melukai mata anak-anak.

Dilansir dari Times of India, menurut studi baru yang diterbitkan pada 21 Januari di JAMA Ophthalmology, penggunaan pembersih tangan berbasis alkohol yang berlebihan di tengah pandemi telah menimbulkan masalah serius pada cedera mata di kalangan anak-anak.

Selain itu, data yang diberikan oleh Pusat Kontrol Racun Prancis mengklaim bahwa cedera mata yang disebabkan oleh bahan kimia berbahaya pada anak-anak di bawah usia 18 tahun tujuh kali lebih tinggi daripada mereka yang menderita penyakit yang sama pada tahun sebelumnya.

Studi tersebut melaporkan, pada 2019, pembersih tangan hanya menyumbang 1,3 persen dari semua insiden paparan bahan kimia pada mata dalam database pediatrik.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Ternyata Nasi Bekas Bisa Dijadikan Hand Sanitizer

Ilustrasi membersihkan tangan dengan hand sanitizer
Ilustrasi membersihkan tangan dengan hand sanitizer

Pada akhir 2020, angka itu naik hingga 9,9 persen. Hanya satu balita di Prancis yang membutuhkan rawat inap selama pembersih matanya pada 2019. Pada tahun 2020, 16 anak dirawat di rumah sakit karena paparan bahan kimia tersebut.

Meski, pembersih tangan adalah alat penting untuk mengatasi SARs-COV-2, itu juga dapat mempengaruhi kesehatan anak Anda secara negatif.

Meskipun demikian, meski penggunaan hand sanitizer harus terus dilakukan, meski merupakan satu-satunya cara untuk menahan penyebaran virus, sebagai orang tua Anda harus mencoba dan mengurangi dampak berbahaya bagi kesehatan anak-anak kita.

Berikut beberapa cara untuk melakukannya:

  • Jika anak Anda masih sangat kecil dan masih kecil, pastikan Anda memberikan hand sanitizer sendiri kepada mereka dan memastikan tangan mereka disinfeksi di depan Anda
  • Meskipun tempat umum memiliki mesin pembersih tangan otomatis, pastikan anak-anak Anda menggunakannya dalam pengawasan Anda
  • Cobalah dan buat anak Anda memilih mencuci tangan daripada membersihkan tangan, kapan pun opsi sebelumnya tersedia
  • Jika anak Anda sudah menderita gangguan penglihatan, kenakan kacamata, karena dapat mencegah bahan kimia masuk ke mata.

Baca Juga: Nekat! Tak Ada Bir saat Pesta, 7 Orang Pilih Minum Hand Sanitizer

Komentar