alexametrics

Orangtua Berhenti Gunakan Baby Walker, Bisa Mengancam Keselamatan Anak

Yasinta Rahmawati
Orangtua Berhenti Gunakan Baby Walker, Bisa Mengancam Keselamatan Anak
Ilustrasi baby walker. (elements.envato)

Baby walker merupakan perlengkapan bayi paling populer untuk membantu anak cepat berjalan. Namun ahli sangat tidak merekomendasikan untuk memakainya.

Suara.com - Momen di mana akhirnya bayi bisa berjalan membawa kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. Masing-masing anak memiliki waktu yang berbeda untuk akhirnya mulai bisa berjalan. Namun umumnya, bayi bisa berjalan saat berusia 12-18 bulan.

Tak jarang orangtua menggunakan alat bantu jalan seperti baby walker. Ini adalah jenis perlengkapan bayi yang memiliki rangka beroda dengan kursi yang di bagian tengah, terkadang dengan ikat pinggang untuk menjaga bayi tetap di tempatnya, yang memungkinkan bayi mencoba berjalan menggunakan kaki mereka.

Meski dipercaya dapat membantu bayi berjalan, namun penggunaan baby walker ini sangat tidak direkomendasikan oleh ahli.

Dilansir dari Boldsky, para ahli menganggap bahwa baby walker adalah salah satu perlengkapan bayi terkenal yang telah mengakibatkan beberapa masalah terkait bahaya kesehatan dan keselamatan pada anak-anak

Baca Juga: Diprediksi Tak Bertahan Hidup, Pasien Ini Justru Bugar Tanpa Ventilator

Baby walker cenderung menyeret bayi untuk berjalan, meskipun mereka belum sepenuhnya siap untuk melakukannya. Karena bayi tidak memiliki kendali penuh atas langkah kakinya, saat berada di baby walker, kemungkinan mereka menabrak benda berbahaya sangat tinggi.

Bayi dengan alat bantu jalan seperti ini tinggi kemungkinannya jatuh dari tangga, patah tulang atau mengalami cedera fisik.

Ilustrasi baby walker. (elements.envato)
Ilustrasi baby walker. (elements.envato)

Jika Anda sebagai orangtua bersikeras untuk menggunakan alat bantu jalan, gunakan alat bantu jalan yang tidak akan menghalangi perkembangan anak. Seperti alat bantu jalan yang dirancang dengan cara di mana seorang anak dapat memegangnya dari belakang dan mendorongnya sambil berjalan, ini yang akan dapat dilakukan oleh seorang anak ketika dia dapat berdiri di atas kakinya dan sudah siap untuk berjalan.

Namun, pastikan bahwa orang dewasa selalu mengawasi anak Anda apa pun jenis perlengkapan bayi yang digunakan.

Sebagai orangtua, tugas yang paling utama adalah menjaga bayi tetap aman. Jadi, sangat disarankan agar orangtua berhenti membeli baby walker, terlepas dari seberapa canggih atau mahal alat tersebut.

Baca Juga: Mitos atau Fakta? 10 Ribu Langkah Sehari Efektif Menurunkan Berat Badan

Biarkan bayi mencapai tonggak perjalanannya saat dia siap. Jangan mencoba memaksa mereka berjalan dengan menggunakan baby walker.

Komentar