facebook

Mata Kuning, Awas Jadi Tanda Penyakit Berbahaya Ini

Bimo Aria Fundrika
Mata Kuning, Awas Jadi Tanda Penyakit Berbahaya Ini
Ilustrasi mata kuning.

Tapi mata kuning bisa jadi tanda sebuah penyakit berbahaya. Apa Itu?

Suara.com - Banyak orang kerap mengeluhkan kelopak mata yang berubah warna menjadi kuning. Beberapa kerap menganggapnya sepele dan bisa sembuh sendiri.

Tapi mata kuning bisa jadi tanda sebuah penyakit serius. Dilansir dari Express UK, salah satunya ialah tanda hati berlemak.

Kondisi ini terjadi karena ada penyimpanan lemak berlebih di hati. Kebanyakan orang tidak memiliki gejala, dan tidak menimbulkan masalah serius bagi mereka. Namun, dalam beberapa kasus, hal itu dapat menyebabkan kerusakan hati.

Ketika kulit dan mata Anda terlihat kuning, itu disebut penyakit kuning, kata WebMD.

Baca Juga: Kocak! Gara-gara Bulu Mata Ibu Pengantin, Suasana Haru Sungkeman Jadi Buyar

Situs kesehatan tersebut menambahkan, ini sering berarti Anda memiliki masalah hati dan disebabkan oleh kadar bilirubin yang tinggi, sesuatu yang lebih banyak dihasilkan oleh hati Anda ketika meradang atau rusak.

Ilustrasi sistem pencernaan manusia. [Shutterstock]
Ilustrasi sistem pencernaan manusia. [Shutterstock]

“Pola makan yang buruk, kanker, infeksi, dan penyalahgunaan alkohol kronis semuanya dapat merusak hati Anda.

Kemudian, perawatan untuk penyakit ini juga beragam, berkisar dari perubahan gaya hidup hingga pengobatan hingga transplantasi hati.

"Bintik kuning kecil (bukan kuning total) disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari dan dapat dihilangkan dengan prosedur kecil."

Dalam kebanyakan kasus, penyakit hati berlemak tidak menyebabkan masalah serius atau mencegah hati Anda berfungsi normal.

Baca Juga: Kronologi Zaenal Dituduh Mata-Mata PPKM, Juru Parkir di Ciledug: Hapus Foto

Namun, untuk 7 hingga 30 persen orang dengan kondisi tersebut, penyakit hati berlemak semakin memburuk dari waktu ke waktu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar