alexametrics

Jari Cantengan karena Tertusuk Kuku Tajam yang Tumbuh? Ini Cara Atasinya!

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Jari Cantengan karena Tertusuk Kuku Tajam yang Tumbuh? Ini Cara Atasinya!
Ilustrasi jari kaki cantengan. (Dok. Ilustrasi)

Pernah mengalami kuku atau jari yang cantengan karena tertusuk kuku yang tajam? Bagaimana ya cara mengatasinya?

Suara.com - Pernah mengalami kuku atau jari yang cantengan karena tertusuk kuku yang tajam? Bagaimana ya cara mengatasinya?

Kondisi ini dalam istilah medis disebut juga sebagai paronikia yang ditandai dengan jaringan kulit yang membengkak, meradang bahkan terasa sakit saat disentuh.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Kartika Ruchiatan, Sp.KK(K), M.Kes, FINSDV mengatakan kondisi ini biasanya disebabkan karena kulit yang luka akibat tertusuk kuku atau pencabutan kulit, hasilnya terjadi infeksi bakteri atau jamur.

Kalau sudah begini, dr. Kartika menyarankan untuk lebih dulu mengobati infeksi.

Baca Juga: Jangan Abaikan Tonjolan pada Kuku Kaki, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

"Harus tunggu dulu karena sudah terjadi infeksi, bisa jadi diberikan tindakan salep atau kompres agar lebih nyaman, bisa juga menggunakan antibiotik, jadi harus diatasi dulu Infeksinya" ujar dr. Kartika dalam Live IG @perdoski, Rabu (24/2/2021).

Namun apabila cantengan ini berulang, maka setelah infeksi atau pembengkakan dan perlukaan diatasi, setelahnya baru bisa diperbaiki agar pertumbuhan kuku tidak selalu melukai jaringan kulit.

"Jadi setelah sembuh alternatif penanganan dilakukan, apabila ingin dicabut beberapa, ada yang tidak ingin dicabut semua kukunya, hanya bagian kuku tajam yang menusuk saja, dan tidak semua lempengan kuku dibuang," papar dr. Kartika.

Biasanya oleh dokter, bagian jari kuku akan dibuat jalur baru agar pertumbuhan kuku tidak lagi menusuk atau melukai yang bisa menyebabkan infeksi. Metode ini disebut dengan modifikasi pertumbuhan kuku.

"Jadi kita usahakan memodifikasi kulit di sekitar, sehingga ada jalur baru. Jadi setelah tindakan pertumbuhan kuku tidak lagi membuat paronikia," pungkas dr. Kartika.

Baca Juga: Sepatu Olahraga Jangan Dipakai Setiap Hari, Bisa Menyebabkan Jamur Kuku!

Mengutip Hello Sehat, ada beberapa cara mencegah dan mengobati paronika yang bisa dilakukan di rumah, seperti sebagai berikut:

Komentar