alexametrics

Mudah Banget, Ternyata Begini Cara Mengatasi Gatal Akibat Ulat Bulu

Bimo Aria Fundrika
Mudah Banget, Ternyata Begini Cara Mengatasi Gatal Akibat Ulat Bulu
Ulat bulu. (Elements Envanto)

Seseorang yang tersengat bulu ulat, biasanya akan menimbulkan rasa gatal yang ekstrem. Tidak hanya itu, rasa gatal juga bisa diikulit ruam berwarna merah pada kulit.

Suara.com - Ulat bulu kerap menimbulkan rasa gatal saat mengenai kulit.  Biasanya, seseorang tidak menyadari jika terdapat ulat bulu yang menempel di tubuh atau berada di dekatnya.

Ketika angin berhembus, bulu ulat tersebut akan terbang dan mengani kulit. Sengat di dalam ulat bulu tersebutlah yang menimbulkan rasa gatal.

Seseorang yang tersengat bulu ulat, biasanya akan menimbulkan rasa gatal yang ekstrem. Tidak hanya itu, rasa gatal juga bisa diikulit ruam berwarna merah pada kulit. bentuk ruam ini mulai dari kecil hingga besar. Selain itu, pada ruam muncul rasa nyeri dan sensasi terbakar.

Gejala yang ditimbulkan akibat bulu ini tergantung banyak atau tidaknya. Jika hanya terkena bulu akibat hembusan angin, biasanya hanya menimbulkan gejala ringan. Namun, jika ulat tersebut berada di tubuh, biasanya gejala yang timbul cukup parah dan luas.

Baca Juga: Kutu Hingga Kanker, Ini Penyebab Umum Kulit Gatal

Ulat bulu. (Elements Envanto)
Ulat bulu. (Elements Envanto)

Pada beberapa kasus, seseorang yang terkena bulu ulat ini, dapat terjadi selama berhari-hari. Rupanya, rambut ulat bulu juga bisa terhirup seseorang ketika lepas. Hal ini dapat menimbulkan kesulitan bernapas pada seseorang.  Jika bulu tersebut juga mengenai mata sehingga cedera, dapat menyebabkan konjungtivitis.

Untuk mengobati tubuh akibat terkena bulu ulat ini, seseorang harus segera menjauhi wilayah dirinya terkena. Hal ini karena bisa saja bulu masih berterbangan di sekitarnya, walaupun ulatnya sudah dimatikan.

Saat menangani ulat, seseorang juga diharapkan untuk mengenakan pelindung seperti kacamata atau sarung tangan agar dirinya tidak terkena bulunya. Seseorang yang terkena ulat bulu, diharapkan segera mengganti seluruh pakaiannya karena bisa saja bulu masih menempel.

Cara untuk mengangkat bulu yang mengenai kulit, seseorang dapat menggunakan selotip, tempelkan pada area yang gatal, lalu lepaskan segera. Selotip akan mengangkat bulu yang menempel di kulit.

Di samping itu, seseorang juga segera mencuci area tubuh yang mengalami iritasi. Saat terkena, hindari kontak dengan barang-barang yang di sekitar. Hal itu karena bulu dapat berpindah ke barang-barang tersebut, sehingga walaupun tubuh sudah dicuci bisa mengalami iritasi kembali. Jika terlanjur menyentuhnya, dapat mencuci barang tersebut.

Baca Juga: Digigit Ulat Bulu, Ini Pertolongan Pertamanya

Penggunaan es, analgesik, krim, antihistamin, dan losion dengan steroid dapat membantu meredakan gejala. Ulat bulu, biasanya berada pada tanaman makanan. Untuk itu, seseorang dapat menghindari duduk atau bersantai di wilayah ulat bulu sering muncul agar tidak mengalami iritasi.

Penulis: Fajar Ramadhan

Komentar