alexametrics

Belajar dari Rina Gunawan, Ini Panduan Cegah Covid-19 untuk Pasien Asma!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Belajar dari Rina Gunawan, Ini Panduan Cegah Covid-19 untuk Pasien Asma!
Presenter Rina Gunawan saat ditemui awak media di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (22/1/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Rina Gunawan sempat positif Covid-19 dan punya asma sebelum meninggal dunia.

Suara.com - Rina Gunawan sempat dinyatakan positif virus corona Covid-19 dan rawat inap seminggu di ICU, sebelum meninggal dunia di Rumah Sakit Pertamina (RSPP) Simprug, Jakarta Selatan sore tadi.

Teddy Syah, suami Rina Gunawan mengatakan istrinya meninggal dunia karena sesak napas yang dialaminya. Tapi, ia memang belum bisa memastikan kematian istrinya ini berkaitan dengan virus corona Covid-19 atau tidak.

"Iya betul, betul (meninggal dunia), tadi pukul 18.45 WIB. Karena sesak napas. Saya belum tahu berita terakhirnya, apakah sudah negatif atau masih positif," kata Teddy Syah kepada Suara.com, Selasa (2/3/2021).

Teddy Syah juga mengatakan bahwa istrinya memang memiliki penyakit bawaan, yakni asma dan radang paru-paru.

Baca Juga: Gara-Gara Ini, Pandemi Virus Corona Tingkatkan Risiko Gangguan Makan!

"Memang ada penyakit bawaan asma, ada radang paru," tuturnya.

Presenter Rina Gunawan saat ditemui usai mengisi sebuah acara di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (22/1/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]
Presenter Rina Gunawan saat ditemui usai mengisi sebuah acara di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (22/1/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Virus corona Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, yakni saluran napas dan paru-paru. Virus ini bisa menyebabkan penderita asma mengalami gejala berat.

Menurut Pusat Pengdalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), penderita asama sedang hingga berat berisiko tinggi mengalami komplikasi akibat virus corona.

Mereka mungkin akan mengalami serangan asma yang tidak bisa dihindari hingga menyebabkan pneumonia dan penyakit pernapasan akut.

Sayangnya, belum ada obat khusus untuk membantu pasien virus corona Covid-19 dengan asma. Semua orang hanya bisa rutin mencuci tangan dan menjaga jarak sosial.

Baca Juga: Mutasi Baru Virus Corona B117 Ditemukan di Indonesia, Tantangan Makin Berat

Namun dilansir dari Hellosehat, orang dalam riwayat kesehatan serius dan berisiko alami komplikasi akibat virus corona harus melakukan langkah pencegahan tambahan.

Komentar