Pakai Pil KB dan Merokok, Golongan Darah Selain O Lebih Rentan Kena Stroke

Cesar Uji Tawakal, Fita Nofiana

Jum'at, 12 Maret 2021 | 09:42 WIB
Pakai Pil KB dan Merokok, Golongan Darah Selain O Lebih Rentan Kena Stroke

Suara.com - Bagi perempuan perokok, konsumsi kontrasepsi oral (pil KB), dan tidak bergolongan darah O bisa meningkatkan risiko stroke. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang akan dipresentasikan pada Konferensi Stroke Internasional Asosiasi Stroke Amerika 2021 di pertengahan Maret.

Melansir dari Medical Xpress, beberapa faktor risiko stroke, seperti usia dan riwayat keluarga, memang tidak dapat dicegah. Namun ada faktor risiko dapat dikontrol, termasuk tidak merokok, menjaga berat badan yang sehat, makan makanan yang sehat, aktif secara fisik, mengontrol kolesterol tinggi dan diabetes, serta menghindari penggunaan alkohol yang berlebihan.

Kontrasepsi oral juga dapat meningkatkan risiko stroke pada beberapa perempuan, terutama mereka yang juga merokok. Karena risiko ini, perempuan yang merokok dan berusia lebih dari 35 tahun sebaiknya tidak menggunakan kontrasepsi oral.
Penelitian juga sebelumnya menunjukkan bahwa golongan darah, khususnya A, B, atau AB juga lebih berisiko terkena stroke daripada golongan darah O.

"Kami berusaha untuk menentukan apakah golongan darah, khususnya golongan darah non-O, meningkatkan risiko stroke di antara pengguna kontrasepsi oral," kata penulis utama studi Steven J. Kittner, MD, profesor neurologi di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland di Baltimore, Maryland.

"Hasil penelitian kecil kami menunjukkan bahwa merokok secara nyata meningkatkan risiko stroke pada wanita muda, terlepas dari penggunaan kontrasepsi oral," imbuhnya.

Menggunakan informasi dari studi lain tentang serangan stroke dini, para peneliti membandingkan risiko stroke di antara perempuan yang merokok dan menggunakan kontrasepsi oral. Peserta mencakup 347 perempuan yang pernah mengalami stroke sebelum usia 50 tahun dan kelompok pembanding yang terdiri dari 383 perempuan tanpa stroke. Usia rata-rata pada kedua kelompok adalah 42 tahun.

Ilustrasi stroke. (shutterstock)
Ilustrasi stroke. (shutterstock)

Lebih detail, berikut hasil penelitian mengenai stroke, antara lain:

  • Perempuan yang merokok dan menggunakan kontrasepsi oral hampir lima kali lebih mungkin mengalami stroke dibandingkan dengan perempuan yang tidak merokok atau menggunakan kontrasepsi oral.
  • Golongan darah non-O semakin meningkatkan risiko stroke onset dini di antara perempuan yang merokok dan menggunakan kontrasepsi oral. 
  • Golongan darah tidak secara signifikan mempengaruhi risiko stroke di antara perempuan yang hanya merokok atau hanya menggunakan kontrasepsi oral.
  • Perempuan yang hanya merokok tiga kali lebih mungkin mengalami stroke dibandingkan mereka yang tidak merokok.
  • Perempuan yang hanya menggunakan kontrasepsi oral hampir empat kali lebih mungkin mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak.

baca juga
Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Orang dengan Masalah Mata Ini Lebih Mungkin Kena Stroke dan Demensia

Orang dengan Masalah Mata Ini Lebih Mungkin Kena Stroke dan Demensia

Health | Jum'at, 12 Maret 2021 | 08:37 WIB

Ketiduran Dalam Keadaan Merokok, Kakek 60 Tahun Tewas Terbakar di Kamar

Ketiduran Dalam Keadaan Merokok, Kakek 60 Tahun Tewas Terbakar di Kamar

Banten | Kamis, 11 Maret 2021 | 19:19 WIB

Pola Makan Tinggi Nabati Turunkan Risiko Stroke hingga 10 Persen

Pola Makan Tinggi Nabati Turunkan Risiko Stroke hingga 10 Persen

Health | Kamis, 11 Maret 2021 | 17:00 WIB

Terkini

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:46 WIB

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

Kaltim | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:45 WIB

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:36 WIB

Pengamat Kejaksaan: Bukan Febrie Adriansyah, Eksekutor Aset PT GBU Anggota Tim 9

Pengamat Kejaksaan: Bukan Febrie Adriansyah, Eksekutor Aset PT GBU Anggota Tim 9

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:30 WIB

Review Unerd Beat Tempo, Sepatu Lari Rp500 Ribuan Cocok Buat Interval dan Tempo Run

Review Unerd Beat Tempo, Sepatu Lari Rp500 Ribuan Cocok Buat Interval dan Tempo Run

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:30 WIB

Gempa Flores, Ratusan Paket Bantuan Darurat Disalurkan ke Lima Titik Pengungsian

Gempa Flores, Ratusan Paket Bantuan Darurat Disalurkan ke Lima Titik Pengungsian

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:28 WIB

Pantai Viral di Tengah Kota Palembang, One Ilir Beach Ramai Didatangi Warga saat Kemarau

Pantai Viral di Tengah Kota Palembang, One Ilir Beach Ramai Didatangi Warga saat Kemarau

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:24 WIB

Cara Top up Pulsa di BRImo Agar Dapat Cashback Spesial 17 Agustus

Cara Top up Pulsa di BRImo Agar Dapat Cashback Spesial 17 Agustus

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:21 WIB

Diskon Khusus 17 Agustus di Kopi Kenangan, Nasabah BRI Merapat!

Diskon Khusus 17 Agustus di Kopi Kenangan, Nasabah BRI Merapat!

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:03 WIB

Volume Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek Melonjak Jelang 17 Agustus

Volume Kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek Melonjak Jelang 17 Agustus

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 20:44 WIB

×