alexametrics

Simak Kuy! 7 Kiat Puasa Tetap Sehat dan Anti Mager saat Pandemi

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Simak Kuy! 7 Kiat Puasa Tetap Sehat dan Anti Mager saat Pandemi
Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar saat puasa membuat orang mencari tahu lebih banyak seputar topik ini di internet.

Suara.com - Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar saat puasa membuat orang mencari tahu lebih banyak seputar topik ini di internet.

Menurut Presiden Direktur ALODOKTER Suci Arumsari, terjadi peningkatan signifikan jumlah pengguna fitur chat dokter selama Ramadhan 1442 Hijriah, dan kebanyakan berkonsultasi tentang cara sehat puasa.

"Mayoritas berkonsultasi tentang tips menjalankan puasa apabila mereka memiliki kondisi kesehatan tertentu ataupun diet sehat saat berpuas," terang Suci dalam keterangan tertulisnya Kamis, (15/4/2021).

Nah, karena sistem kekebalan adalah kunci utama terhindari dari Covid-19, maka selain menahan lapar dan haus lebih dari 12 jam, wajib banget menjaga kesehatan dan tetap produktif selama puasa dengan 7 kiat di bawah ini:

Baca Juga: Agar Tak Lemas Saat Puasa Ramadhan, Ini Pola Makan yang Harus Diperhatikan

1. Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan

Agar tidak kekurangan energi serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa, mengonsumsi makanan bergizi saat sahur maupun berbuka menjadi hal yang sangat penting.

Lengkapilah menu sahur dan buka puasa dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi, protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan.

Selain itu, tetap minum air putih yang cukup, mulai dari berbuka puasa hingga sebelum sahur, agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi).

Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji (fast food), gorengan, dan makanan yang banyak mengandung gula. Kurangi juga konsumsi minuman yang manis serta minuman berkafein, seperti teh dan kopi, karena dapat memicu dehidrasi.

Baca Juga: Berburu Lemang di Senen, Menu Berbuka Puasa Khas Minang

2. Tetap aktif dan rutin berolahraga

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar